Inggris dan Dunia Bersiap Ucapkan Selamat Tinggal Selamanya pada Ratu Elizabeth II

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Inggris, para pemimpin dunia dan bangsawan dari seluruh dunia hari ini, Senin 19 September 2022 akan mengucapkan selamat tinggal untuk terakhir kali kepada Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II akan dimakamkan hari ini pada pukul 06.30 waktu setempat dengan prosesi kenegaraan. Sebelumnya, peti mati sang ratu sudah empat hari bersemayam di Westminster Hall dimana puluhan bahkan ratusan ribu orang rela mengantre untuk memberikan penghormatan.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, juga ingin memberikan penghormatan terakhir untuk Ratu Elizabeth II. Dia akan hadir langsung pada prosesi pemakaman di London.

“Anda (warga Inggris) beruntung memiliki ratu selama 70 tahun. Kami semua merasa beruntung,” ujar Biden, dikutip dari Reuters, Senin 19 September 2022.

Peti mati Ratu Elizabeth II akan ditempatkan di kereta meriam dan ditarik oleh personel angkatan laut menuju Westminster Abbey, tempat pemakaman rautu yang wafat di usia 96 tahun.

Di antara 2.000 jemaat akan ada sekitar 500 pemimpin dunia, termasuk Biden, Kaisar Naruhito dari Jepang, Wakil Presiden Chna Wang Qishan, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Cicit Ratu Elizabeth II, Pangeran George dan Putri Charlotte (anak dari Pangeran William dan Kate Middleton) juga dipastikan hadir pada pemakaman.

“Selama 10 hari terakhir, istri saya dan saya sangat tersentuh oleh banyak pesan belasungkawa dan dukungan yang kami terima dari negara ini dan di seluruh dunia,” ujar Raja Charles III.

“Saat kita semua bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal untuk terakhir kali, saya ingin menggunakan kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang tak terhitung jumlahnya yang telah memberikan dukungan dan penghiburan bagi keluarga saya dan saya sendiri di masa duka ini,” katanya.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September atau 9 September WIB di Kastil Balmoral, Skotlandia. Putra pertamanya, Charles, langsung dinobatkan sebagai penerus takhta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Masyarakat Bersatu Mendukung Suksesnya Gelaran World Water Forum ke-10 di Bali

Bali - Masyarakat Indonesia menyatakan dukungan penuh kesuksesan acara WWF di Bali. Forum ini menjadi platform penting dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini