Infrastruktur Jalan Tol Mendukung Daya Saing Produk Lokal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Keberadaaan infrastruktur seperti jalan tol membuat arus logistik produk lokal ke pelabuhan menjadi semakin cepat. Sehingga diyakini jalan tol mendukung daya saing produk lokal.

“Tanpa didukung infrastruktur yang baik, mustahil kita bersaing dengan negara lain,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui keterangan pers.

Menurut Presiden, adanya infrastruktur jalan tol adalah menyambungkan antara wilayah logistik dengan pelabuhan.

Sehingga, lalu lintas logistik antara kedua wilayah itu dapat semakin cepat dengan melalui infrastruktur jalan tol yang telah dibangun.

Pengaruhnya, tentu sangat masif terhadap daya saing produk lokal. Ketika produk tersebut diekspor ke berbagai pelosok dunia.

“Goals dari adanya infrastruktur ini akan diberikan fasilitas kecepatan menuju ke kawasan logistik dan pelabuhan,” kata Presiden.

Dalam mempercepat lalu lintas logistik produk lokal tersebut, kini PT Pelindo juga ikut mengelola infrastruktur jalan tol. Untuk memastikan, bahwa lalu lintas logistik antara kedua wilayah tersebut dapat diwujudkan.

Keterlibatan perusahaan milik negara itu, tentunya menjadi faktor penting bahwa pelayanan arus logistik antara kedua wilayah di atas dapat segera terwujud. Mengingat, Pelindo memiliki kewenangan fasilitas pelabuhan di dalam negeri.

“Pelindo punya pelabuhan, jadi bisa memastikan arus lalu lintas logistik melalui jalan tol dapat terjadi,” katanya.

Diketahui, Ruas jalan tol Cibitung – Cilincing dan Serpong – Balaraja Seksi I resmi beroperasi pada Selasa 20 September 2022.

Beroperasinya kedua ruas jalan tol tersebut, akan mempercepat mobilitas barang dari kawasan industri ke fasilitas pelabuhan. Sehingga, dapat memperkuat daya saing produk lokal terhadap produk asing.

“Mempermudah mobilitas barang dan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia di luar negeri,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini