Indonesia Negara Pertama Terapkan 5G Smart Mining

Baca Juga

MATA INDONESIA, MERAUKE – Keren. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 5G Smart Mining pertama di Indonesia. Penerapan teknologi tersebut di pertambangan besar PT Freeport Indonesia, Grasberg, Papua. Dan menjadi teknologi pertama yang diterapkan di Asia.

“Hari ini kita buktikan, kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara,” kata Jokowi dalam channel YouTube Freeport Indonesia, Kamis, 1 September 2022.

Menurut Jokowi, Indonesia harus mampu bersaing di segala sektor. Persaingan tersebut tak terlepas dari digitalisasi. Termasuk persaingan di sektor pertambangan.

“Sektor pertambangan pun juga tidak boleh ketinggalan. Harus segera mengimplementasikan teknologi, Artificial Intelligence (AI), Internet of things (IoT), learning machine, hingga big data,” tuturnya.

Ia meyakini teknologi dan digitalisasi dapat mengoptimalisasi kinerja sektor tambang Indonesia di masa depan.

“Kita membutuhkan intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan. yang umumnya, seperti PT Freeport ini berada di daerah-daerah yang terpencil dan sulit terjangkau dengan tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah,” jelasnya.

Adapun dalam pengembangan teknologi 5G smart mining ini dilakukan oleh anak perusahaan BUMN yaitu PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini