Imbas Invasi Rusia ke Ukraina, BWF Batalkan Sejumlah Turnamen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Imbas dari invasi Rusia ke Ukraina, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) membatalkan sejumlah turnamen.

BWF turut mengomentari aksi invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada Kamis 24 Februari 2022. Induk organisasi bulutangkis dunia itu mengkhawatirkan keselamatan rakyat dan komunitas bulutangkis Ukraina.

“BWF berkeyakinan kuat bahwa setiap konflik harus diselesaikan tanpa menggunakan kekerasan dalam bentuk apapun dan lebih memilih menggunakan perdamaian dan solidaritas di antara semua orang. BWF juga sangat prihatin dengan keselamatan rakyat Ukraina, dan Komunitas Bulu Tangkis Ukraina termasuk pemain, pelatih, dan ofisial,” bunyi pernyataan BWF.

“BWF sepenuhnya mendukung pernyataan publik dari Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional dan menyatakan kekecewaan dan kecaman keras atas pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintah Rusia dan Belarusia terhadap Gencatan Senjata Olimpiade Majelis Umum PBB. BWF berdiri dalam solidaritas penuh dengan seluruh gerakan olahraga internasional untuk menyerukan semua pihak menghentikan tindakan kekerasan dan memulihkan perdamaian.”

BWF mengambil beberapa langkah konkret terkait situasi yang terjadi di Rusia dan Ukraina, yakni:

  1. BWF membatalkan semua turnamen di Rusia dan Belarusia. Tidak ada turnamen digelar di dua negara itu hingga pemberitahuan selanjutnya.
  2. Rusia dan Belarusia tidak boleh mengibarkan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan hingga pemberitahuan lebih lanjut.
  3. BWF juga akan mengomunikasikan simpati dan keprihatinan terdalamnya kepada Asosiasi Bulutangkis Ukraina dan akan mengoordinasikan dukungan khusus kepada komunitas Bulutangkis Ukraina jika memungkinkan.

BWF akan terus memantau situasi dengan cermat dan secara proaktif akan berkonsultasi dengan mitra gerakan olahraga internasional kami untuk membahas opsi lain yang berpotensi memperkuat tindakan terhadap pemerintah Rusia dan Belarusia.

Sejumlah turnamen yang diselenggarakan Rusia di antaranya Junior White Nights 2022 pada 30 Juni sampai 3 Juli 2022, White Nights 2022 pada 6-10 Juli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini