Hasut Biarawati Bunuh Diri, Pastor di Rusia Dipenjara

Baca Juga

MATA INDONESIA, MOSKOW – Seorang pemuka agama di Rusia ketahuan menghasut para biarawati untuk bunuh diri. Akibatnya, pastor bernama Sergiy Romanov itu divonis hukuman 3,5 tahun penjara.

“Pengadilan Moskow menyatakan Pastor Sergiy – yang nama sekulernya Nikolai Romanov, bersalah karena menghasut bunuh diri, menyinggung keyakinan agama, dan main hakim sendiri,” demikian kantor berita Rusia melaporkan, melansir The Moscow Times.

Sang pastor ditangkap pada akhir Desember ketika polisi anti huru hara dan dinas rahasia Rusia menyerbu biara yang ia pegang di pegunungan Ural. Sejumlah pengikutnya, menolak untuk mengeluarkan Pastor Sergiy dari biara saat penggerebekan dramatis.

Pastor Sergiy yang merupakan mantan polisi Uni Soviet itu menjadi terkenal setelah secara terbuka menyangkal keberadaan Covid-19 – ketika virus yang telah mematikan jutaan jiwa di dunia itu memasuki Rusia.

Kala itu, Pastor Sergiy meminta Rusia untuk menolak pembatasan virus corona. Ia bahkan meminta beberapa pengikutnya untuk mati demi Rusia dan jaksa menuduhnya mencoba mendorong beberapa biarawati untuk bunuh diri.

Gereja Ortodoks Rusia juga percaya bila Pastor Sergiy memecah belah dan mengatakan khotbahnya menghujat.

Di pengadilan terungkap bahwa Pastor Sergiy bertanya kepada biarawati mengenai kesiapan mereka untuk patriotisme spiritual. Namun, ia menyangkal hal tersebut sebagai bentuk dorongan untuk bunuh diri.

“Pria itu sebelumnya telah dijatuhi hukuman 13 tahun penjara karena pembunuhan dan perampokan tetapi dibebaskan tahun 1990-an,” ucap Komite Investigasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini