Gokil di Jepang, Sapi ini Dibanderol Rp 6,6 Miliar, Apa Istimewanya?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Jepang memang selalu menjadi panutan masyarakat dunia dalam beberapa hal. Mulai dari budaya antre, kemajuan teknologi dan banyak hal lagi. Nah, kali ini membahas seekor sapi, dimana memang Negara dengan julukan negeri sakura ini terkenal sebagai salah satu penghasil daging sapi terbaik di dunia.

Ada sebuah kota bernama Matsusaka di Jepang yang mengkembangbiakan sapi potong dengan rasa dagingnya sangat enak dan mahal. Pasalnya, sapi tersebut diberi minum bir.

Biasanya kisaran harga satu ekor sapi dimulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Tapi salah satu peternak di Jepang, berhasil menjual sapinya di harga $462.000 atau setara Rp 6,6 miliar.

Salah satu peternak bernama Tochigi, memproduksi daging wagyu Matsusaka. Daging wagyu Matsusaka ini paling enak disantap sebagai steak, dan hanya tersedia di Jepang saja.

Uniknya peternak berusia 86 tahun ini menggunakan metode yang cukup aneh, dalam merawat dan membesarkan sapi mahalnya ini. Selain diberi perawatan khusus, sapi ini tidak minum air putih atau air mentah.

Melainkan sapi ini diberi minum bir, sambil tubuhnya dipijat oleh Tochigi. Hal ini ditunjukkan agar sirkulasi darah sapi mengalir dengan baik, dan membuat rasa daging akan semakin enak.

Tochigi juga memberi makan sapi ini dengan jagung dan kacang kedelai, selama empat tahun. Tochigi hanya menjual sapi betina saja, karena menurutnya daging sapi betina jauh lebih enak.

“Daging sapi betina memiliki lebih banyak lemak, dibandingkan daging sapi jantan. Itu alasan mengapa rasa daging sapi ini jauh lebih enak, dibandingkan daging sapi Kobe,” katanya.

Tak hanya perawatannya saja yang unik, Tochigi bahkan sering menangis sedih ketika menjual sapi-sapi peliharaannya tersebut. Banyak restoran wagyu yang berani membayar harga mahal untuk sapi milik Tochigi.

Bahkan beberapa pemilik restoran wagyu di Jepang mengaku, bahwa mereka bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 638 juta untuk membeli satu ekor sapi. Sehingga harga yang dipatok Tochigi untuk sapi premium miliknya, merupakan hal yang wajar di Jepang.

Menurut pemilik restoran Gyugin yang legendaris di Jepang, mereka bisa menjual tiga iris daging steak wagyu seharga Rp 2,2 juta. Sehingga wagyu masuk ke dalam salah satu industri makanan mahal di dunia.

Tak hanya di restoran, daging wagyu juga disajikan dalam bentuk bento. Sehingga harga satu kotak bento wagyu, bisa mencapai Rp 37 juta.

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini