Giliran PKB akan Gagas Poros Koalisi Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setelah Partai Golkar, PPP dan PAN membentuk koalisi untuk pertarungan Pilpres 2024, giliran Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga akan membentuk poros koalisi baru.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan bukan hal yang mustahil bagi PKB menggagas poros koalisi. Sebab, menurutnya dinamika politik masih sangat cair.

”Kita berpeluang membuat koalisi baru. Kan belum ada yang matang. Jadi semuanya masih mungkin,” kata Cak Imin Rabu 1 Juni 2022.

Sebelumnya, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Kemudian, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada Rabu 1 Juni 2022. .

Cak Imin mengatakan, PKB masih membuka diri untuk menjalin koalisi dengan parpol manapun. Namun, PKB mematok posisi tawar tinggi, yakni proposal calon presiden (capres), termasuk di Koalisi Indonesia Baru (KIB).

“Ya saya capresnya. Kalau capres mereka bukan saya, ya tentu saya tidak gabung dengan mereka,” ujarnya.

Cak Imin mengeklaim hingga saat ini yang telah secara tegas menyatakan bakal maju sebagai capres baru dirinya. Wakil ketua DPR itu mengatakan bahwa dirinya akan berdiskusi dengan para ketua umum parpol untuk membahas kemungkinan koalisi.

“Tentu saya akan berdiskusi dengan mereka sebelum ada keputusan capres siapa,” ucapnya.

Ia menambahkan komunikasi dengan PDIP dan Gerindra. Namun, sejauh ini baru diskusi-diskusi biasa yang belum ada kesimpulan akhirnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini