Giliran Menlu Inggris Lakukan Kunjungan ke Israel & Palestina

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab akan bertemu dengan pemimpin Israel dan Palestina dalam kunjungan satu hari ke Yerusalem dan Tepi Barat. Kabar ini dilaporkan kantor Luar Negeri Inggris.

Raab akan melakukan dialog pada Rabu (26/5) dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz, serta Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri Mohammad Shtayyeh.

“Peristiwa bulan lalu menunjukkan kebutuhan mendesak untuk membuat kemajuan sejati menuju masa depan yang lebih positif bagi Israel dan Palestina,” kata Raab dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters, Rabu, 26 Mei 2021.

“Inggris mendukung solusi dua negara sebagai cara terbaik untuk mewujudkan perdamaian abadi,” sambungnya.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken berjanji dalam misi Timur Tengah bahwa Washington akan memberikan bantuan baru untuk membantu membangun kembali Gaza sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan gencatan senjata antara penguasa Hamas dan Israel.

Berbicara bersama Presiden Mahmoud Abbas di kota Ramallah, Tepi Barat, Blinken mengatakan AS akan memberikan tambahan sebesar 75 juta USD untuk rekonstruksi dan bantuan ekonomi untuk Palestina. Sebanyak 5,5 juta USD dalam bantuan bencana segera untuk Gaza dan 32 juta USD untuk Badan Bantuan PBB di Palestina.

“Jika bantuan didistribusikan dengan benar, maka sebenarnya dapat merusak Hamas karena kelompok itu tumbuh subur dalam keputusasaan dan kesengsaraan karena kurangnya kesempatan,” kata Antony Blinken, melansir Reuters, Rabu, 26 Mei 2021.

Pada konferensi pers tersebut, Blinken juga memperingatkan terhadap tindakan Israel atau Palestina yang berisiko memicu ketegangan dan pada akhirnya merusak solusi dua negara yang menurutnya masih dilakukan oleh Washington.

Sementara Presiden Mahmoud Abbas berterima kasih kepada pemerintahan Presiden Joe Biden atas komitmen untuk solusi dua negara dan mempertahankan status quo di Haram al-Sharif atau Tempat Suci Mulia –yakni kompleks di Yerusalem yang menjadi situs suci tiga agama, Yahudi, Nasrani, dan Islam

Presiden Abbas juga berterima kasih atas dukungan Amerika Serikat dalam pelestarian penduduk Palestina … Sheikh Jarrah, lingkungan Yerusalem Timur di mana potensi penggusuran keluarga Palestina membantu memicu pertempuran Israel-Gaza.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini