Gandeng Perusahaan E-Commerce, UI Serius Perkuat UMKM

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi virus corona berdampak serius kepada segala sektor, khususnya ekonomi. Hal ini dirasa secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mengingat pandemi menurunkan daya beli masyarakat.

Krisis yang dialami para pelaku UMKM tanpa disadari menjadi ancaman perekonomian nasional. Untuk itu pembinaan dan bantuan untuk pelaku UMKM di masa pandemi perlu menjadi perhatian banyak sektor, terutama lembaga pemerintah.

Rektor Universitas Indonesia (UI) Profesor Ari Kuncoro mengatakan bahwa UMKM memegang peranan penting sekaligus salah satu barometer perekonomian Tanah Air.

“Pemberdayaan UMKM merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinian,” tutur Prof Ari Kuncoro dalam keterangan, Rabu, 23 Juni 2021.

Untuk membangkitkan dan mengembangkan UMKM, UI bekerja sama dengan para mitra di bidang e-commerce. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan era digitalisasi sebagai instrumen promosi yang masif.

“Kami harapkan kerja sama dengan Shopee Indonesia dapat dibangun sinergitas dalam pengembangan dan pembangunan ekonomi kerakyatan lokal maupun nasional UMKM di kampus UI guna menunjang target bersama dalam pemberdayaan UMKM era digital,” sambungnya

UI menggandeng banyak pihak, di antaranya perguruan tinggi, industry, pemerintah, masyarakat, dan media massa untuk bersinergi dalam bentuk pentahelix.

Sebagai catatan, pentahelix merupakan konsep pembangunan, dimana unsur akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media bekerjasama untuk mencapai peningkatan dan percepatan pembangunan) satu yang harusnya ditambah adalah media.

Pentahelix menjadi jargon penting, karena ada misi dan visi yang terkandung di dalamnya yakni kompak, saling support, kerjasama dalam membangun target sasaran.

Lewat kemitraan yang kuat dan iklim yang kondusif sektor apapun bisa dilakukan baik itu sektor pariwisata, usaha kecil menengah, koperasi, ataupun sektor franchise. Bahkan ketika anggaran desa yang digelontorkan kepada desa pun melalui strategi Pentahelix akan menghasilkan gagasan dan ide-ide yang kreatif, inovatif dan berkesinambungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini