MATA INDONESIA, JAKARTA-Ekspor produk lokal mampu memulihkan ekonomi dan membuka peluang usaha baru bagi masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.
“Konsep Indonesia Incorporated semakin terlihat bentuknya sebagai satu kesatuan langkah dalam barisan yang rapih untuk mendukung produk-produk Indonesia merajai dunia,” katanya.
Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan Diaspora Indonesia di sepuluh negara itu, Sandiaga mengaku sangat gembira atas langkah yang dilakukan Goorita dan Hipmi dalam pemulihan ekonomi nasional.
Dia mengapresiasi gagasan itu karena Gerakan Cinta Ekspor Produk Indonesia menjadi bukti kolaborasi antara pemerintah dan dunia usaha dalam pemulihan ekonomi nasional khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
Besarnya potensi ekspor produk lokal Indonesia dibuktikan Sandiaga Uno lewat laporan kontingen Indonesia Spices Of The World yang belum lama ini pulang ke tanah air.
Mereka yang bertugas di New York, Amerika Serikat beberapa waktu lalu itu membawa data tentang minat para warga negara asing terhadap beragam produk lokal Indonesia.
Sehingga, lewat kolaborasi dan inovasi yang dihadirkan oleh seluruh pihak, dirinya meyakini aneka produk lokal Indonesia mampu merebut pasar dunia.
“Teman-teman yang baru pulang dari New York bercerita bahwa produk Indonesia ini diminati. Karena itu, jika kita tangani dengan baik, dengan intervensi dari pelaku digital-pelaku ekonomi kreatif, kita mampu menembus angka ekspor yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.