Ekspor Porang Meningkat Sebagai Bahan Baku Kertas Berharga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para petani porang sepertinya akan kembali bergairah. Setelah pasar porang anjlok lantaran ekspor ke Tiongkok tutup, kini keran itu buka lagi.

Pemerintah telah melakukan riset pemanfaatan porang untuk substitusi impor bahan baku kertas. Artinya, permintaan terhadap porang semakin luas.

Harga porang sempat mencapai Rp11.000 per kilogram pada beberapa tahun lalu. Tapi harganya terus turun hingga Rp6.000 per kilogram. Penurunan harga jual porang ini sempat membuat ciut petani komoditas itu. Beberapa di antaranya bahkan sampai menghentikan produksinya.

Data Kementerian Perindustrian menyebutkan, pada 2020, produksi umbi porang di Indonesia mencapai 142.000 ton dari luas lahan sebesar 19.950 hektare (ha). Dan targetnya pada 2024 produksi umbi porang akan mencapai 600.000 ton dari luas lahan sebesar 100.000 ha. Saat ini, terdapat 13 perusahaan yang menghasilkan chip porang. Dengan total produksi 22.833 ton per tahun. Dan enam industri pengolah porang yang mampu memproduksi tepung glukomanan dengan total produksi 1.180 ton per tahun.

Potensi penggunaan tepung porang/glukomanan di industri kertas dan kimia cukup besar. Yakni mencapai 25.362 ton per tahun. Selain itu, sisanya berpotensi terserap di industri makanan dan minuman 19.936 ton per tahun serta industri farmasi, kosmetik, dan lainnya sebesar 10.136 ton per tahun.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini