Dunia Berduka, Penemu Password Komputer Meninggal Dunia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Ilmuan komputer legendaris sekaligus penemu sistem kata sandi atau password, Fernando ‘Corby’ Corbato, meninggal di usia 93 tahun di Massachusetts, Amerika Serikat pada Jumat 12 Juli 2019.

Menurut Emily, istri Corbato, suaminya menghembuskan nafas terakhirnya karena komplikasi diabetes di sebuah panti jompo di area Newburyport, Massachusetts, mengutip dari New York Times, Minggu 14 Juli 2019.

Hingga masa-masa terakhirnya, Corbato masih mengajar sebagai profesor emeritus di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Sekitar 1960-an Corbato membuat proyek yang dikenal dengan Compatible Time-Sharing System (C.T.S.S). Sistem itu memungkinkan sejumlah pengguna di lokasi berbeda mengakses satu komputer yang sama secara bersamaan melalui jaringan telepon.

Saat itu, Corbato merasa komputer yang tidak terpakai atau menganggur adalah sebuah pemborosan besar. Menurutnya, dengan sistem pembagian waktu, penggunaan komputer akan dihitung dengan hati-hati sehingga bisa digunakan secara maksimal.

Itu bukan satu-satunya karya Corbato. Dengan pengembangan sistem C.T.S.S ciptaannya, dia juga mampu mengurangi waktu tunggu respons komputer dari jam ke detik sehingga menjadikan teknologi tersebut jauh lebih praktis.

Corbato lahir pada 1 Juli 1926 di Oakland, California. Sang ayah, Hermenegildo Corbato, berasal dari Vilarreal dan juga seorang profesor sastra Spanyol.

Corbato, yang dikenal dengan sapaan Corby, mengenyam pendidikan sarjana di University of California, Los Angeles (UCLA) pada 1943. Tujuh bulan belajar, ia langsung direkrut oleh Angkatan Laut AS untuk dilatih sebagai teknisi elektronik.

Saat itu, Perang Dunia II dimulai. Angkatan Laut AS membutuhkan banyak teknisi untuk mengoperasikan peralatan canggih di kapal-kapal militer. Masa-masa itu, kata Corbato, menjadikannya sangat berminat belajar dan melacak kesalahan dan debugging system pada komputer.

Corbato meninggalkan Angkatan Laut AS pada 1946, lalu melanjutkan studi sarjananya di California Institute of Technology. Ia lulus pada 1950 dengan gelar sarjana fisika dan langsung melanjutkan studi pascasarjana di MIT.

Pada 1990, Corbato mendapat A.M Turing Award, sebuah penghargaan di bidang teknologi komputer yang setara dengan Nobel Prize.

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini