Diresmikan Presiden Jokowi, AMANAH Menjadi Wadah Pengembangan Kreativitas Anak Muda Aceh

Baca Juga

ACEH — Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) telah diresmikan Presiden Joko Widodo. Peresmian tersebut dilakukan Presiden Jokowi di Gedung Amanah, Kabupaten Aceh Besar didampingi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan; Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan beberapa pejabat lain, Selasa, 15 Oktober 2024.

Sebelum meresmikan Gedung AMANAH, Kepala Negara terlebih dahulu berkeliling melihat berbagai stand karya anak muda Aceh. Presiden Jokowi juga berinteraksi dengan pemuda-pemuda AMANAH dari berbagai latar belakang, mulai dari pengusaha muda, petani muda, seniman, content creator dan pegiat kreatif muda lain. Presiden Jokowi mengaku kagum melihat inovasi dan kreativitas anak-anak muda di Aceh.

“Saya lihat sangat kreatif dan inovatif, baik itu di urusan fashion, utamanya muslim fashion, desain, betul-betul sangat berkelas, menurut saya sangat berkelas,” puji Presiden Jokowi.

Presiden RI, Joko Widodo mengatakan bahwa sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan salah satu upaya dalam menghadapi berbagai tantangan, mulai dari ketidakpastian ekonomi, geopolitik, hingga dampak perubahan iklim..

“Kunci kita adalah bagaimana kita bisa menciptakan SDM unggul, sehingga kita bisa berkompetisi dengan negara lain,” kata Presiden Jokowi.

“Hari ini saya betul-betul sangat kagum atas inovasi, atas kreativitas anak-anak muda di Aceh yang saya lihat sangat kreatif dan inovatif, baik itu di urusan fashion, utamanya Muslim fashion, desain, betul-betul sangat berkelas, menurut saya sangat berkelas,” ujarnya.

Menurut Presiden Jokowi, produk-produk hasil karya AMANAH seperti fashion, food and beverage (fnb), dan produk lainnya memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk-produk kelas dunia.

“Produk tas AMANAH tidak kalah dengan merk dunia, kemudian berkaitan dengan kopi, di Aceh ini sangat terkenal sekali, yang kita lihat, sejak saya kerja di Aceh Tengah, saya lihat ekspornya masih dalam bentuk mentahan, bijian, tapi lompatan yang saya lihat pada hari ini, sudah dalam bentuk kemasan. Semuanya luar biasa, memang apa-apa kalau diberikan ke anak muda pasti jadinya bagus,” tambahnya.

Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat bertujuan untuk mendorong kreativitas anak muda dengan mempersiapkan diri menjadi pribadi yang dapat berdaya saing. Ke depannya, dengan adanya Gedung AMANAH ini diharapkan dapat membuat anak muda lebih mengeksplor diri dalam bidang dan minat masing-masing.

“Lompatannya tidak kalah, tinggal bagaimana secara konsisten digosok dan diasah terus sehingga muncul inovasi baru di Provinsi Aceh, saya sangat mengapresiasi inisiasi dari BIN (Badan Intelijen Negara) yang telah menyiapkan ini, dan kita harapkan di semua Provinsi nanti ada Creative Hub seperti ini,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan mengapresiasi kinerja Presiden Jokowi atas pemerataan pembangunan di Indonesia. Prof. Dr. Budi Gunawan mengajak seluruh pihak untuk ikut bangga atas produk-produk yg dihasilkan AMANAH karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki daerah lain.

“Salah satunya produk nilam yang menjadi salah satu produk terbaik di dunia ada di AMANAH. Produk ini pasarnya langsung ke Prancis dan telah menjalin kerja sama dan menjadi supply chain untuk sektor kecantikan seperti parfum di sana,” ujar Prof. Dr. Budi Gunawan.

“Berikutnya, dengan kehadiran AMANAH, kopi Aceh bisa hidup lagi dengan pasar untuk Korea dan Jepang. Kemudian, untuk memenuhi kebutuhan beras di Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Timur, tidak lagi harus bergantung dari Provinsi sebelahnya, tapi bisa dipangkas untuk supply chain langsung dikerjakan di kabupaten tersebut,” imbuhnya.

Melihat fenomena tersebut, Prof. Dr. Budi Gunawan mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah mewakili suara dan aspirasi anak muda Aceh untuk membangun wadah guna mengembangkan inovasi dan kreativitas para generasi muda.

“Ini semua berkat kepedulian Bapak Joko Widodo, terima kasih bapak, kami mewakili suara-suara aspirasi dari anak muda Aceh. Momen hari ini sangat bersejarah bagi anak muda Aceh, bisa berinteraksi langsung dengan Bapak Presiden dan kapanpun bapak ke Aceh, AMANAH Youth Creative Hub ini adalah rumah bagi anak-anak bapak semuanya,” terangnya.

Kepala BIN berharap agar AMANAH akan membawa harapan bagi masa depan anak muda untuk lebih makmur, sejahtera, dan maju.

“Semua kemajuan yang mereka hasilkan adalah merupakan buah keberhasilan anak-anak muda yang bisa diperoleh sebagai amal jariya dari Bapak Presiden Joko Widodo. AMANAH akan selalu dikenang sebagai amanat Pak Jokowi untuk masa depan Aceh, mereka melihat melalui AMANAH ini membawa harapan akan masa depan mereka ntuk lebih makmur, sejahtera dan maju,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Akademisi Dan Elemen Masyarakat Dukung Program Kesehatan dan Makan Gratis Prabowo Gibran.

Jakarta,- Pemerintahan Prabowo Subianto akan melakukan program cek kesehatan atau medical check up gratis yang menyasar 52 juta penduduk...
- Advertisement -

Baca berita yang ini