Digitalisasi Kunci Pemulihan Ekonomi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Percepatan transformasi digital yang berlangsung selama pandemi Covid-19 menjadi salah satu penopang pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu 17 Agustus 2022.

”Digitalisasi UMKM sebagai penyokong pemulihan ekonomi bangsa menjadi salah satu kunci dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,44 persen (yoy) di kuartal dua tahun ini,” kata Menkominfo.

Ketika pandemi mulai menghantam dunia pada 2020, sektor informatika dan komunikasi di Indonesia tumbuh positif mencapai 10,61 persen (c-to-c).

“Demikian tahun 2021, sektor ini kembali bertumbuh sebesar 6,81 persen (c-to-c). Pertumbuhan ini karena adanya shifting ke adopsi teknologi secara masif. Yang menopang sebagian besar kehidupan masyarakat ketika pandemi Covid-19. Termasuk di dalamnya sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” ujarnya.

Johnny menerangkan, pertumbuhan tersebut juga mendapat dukungan dengan keberadaan dua decacorn dan sembilan unicorn karya anak bangsa. Ini akan terus bertambah seiring akselerasi transformasi digital nasional.

“Kehadiran atas transformasi digital dalam berbagai lini kehidupan, perlu kita syukuri sehingga bangsa Indonesia mampu menunjukkan resiliensinya dalam berbagai sektor,” kata dia.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini