Dibangun 2021, Kedepan Naik Kereta JKT-SBY Hanya 5,5 Jam

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Tahun 2021 pemerintah bakal memulai kontruksi Kereta kencang Jakarta-Surabaya. Apabila beroperasi, kecepatan kereta ini maksimal 160 kilometer (km) per jam, jauh lebih cepat dibandingkan kereta api biasa Jakarta-Surabaya yang kecepatannya hanya 90 km/jam. Dan hanya menempuh menghabiskan waktu sekitar 5,5 jam.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri mengatakan pembangunan proyek transportasi tersebut diperkirakan memakan waktu hingga tiga tahun. Artinya, paling kencang proyek tersebut rampung di 2024.

Menurutnya, jarak tempuh kereta kencang ini bisa melampaui kereta api Jakarta-Surabaya yang selama ini sudah beroperasi dengan waktu tempuh 9-10 jam dan kecepatan rata-rata hanya 90 km/jam yakni hanya 5,5 jam dengan kecepatan maksimal 160 km/jam.

Ia mengatakan moda transportasi ini juga akan melintas di jalur baru khusus kereta cepat. Saat ini pemerintah tengah melakukan pra studi kelayakan dengan Jepang. Rencananya, ada 56 kilometer (km) jalur kereta kencang yang dibangun melayang (elevated).

Nantinya, pembangunan jalur kereta cepat ini dibagi dua. Tahap pertama yaitu Jakarta-Semarang, dan selanjutnya Semarang-Surabaya.

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini