Deretan Produk Indonesia yang Laris Manis di Malaysia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Tidak mengherankan jika banyak barang-barang yang mampu diciptakan oleh nagara kita ini.

Bahkan, beberapa dari produk tersebut memiliki kualitas unggulan sehingga diperjual belikan pula di luar negeri. Salah satu negara tujuan Indonesia ialah Malaysia. Lalu, produk Indonesia yang laris masin di Negeri Jiran tersebut?

  1. Beras

Indonesia memang kaya akan hasil pertaniannya, salah satunya beras. Salah satu negara tujuan ekspor beras Indonesia adalah Malaysia.

Pada bulan Oktober 2017, Indonesia diketahui mengekspor bahan pangan pokok itu sebanyak 25 ribu ton ke Malaysia.

Untuk mempererat hubungan perdagangan dengan Malaysia, Presiden Joko Widodo berharap jika Malaysia dapat mengalokasikan 20% dari kuota berasnya atau sekitar 150 ribu ton dengan menimpor beras dari Indonesia.

  1. Furniture

Produk-produk furniture buatan Indonesia banyak dilirik negara luar, termasuk Malaysia. Dalam pameran Malaysia Internasional Furnitur Fair (MIFF) 2015, Indonesia mampu mengantongi pendapatan sebesar USD 850 ribu.

Berdasarkan keterangan KBRI Kuala Lumpur, pendapatan tersebut berasal dari pembelian yang dilakukan oleh konsumen dari Malaysia dan sejumlah negara yang menghadiri pameran tersebut.

Menurut Fajarini Puntodewi, Atase Perdagangan KBRI Kuala Lumpur, beberapa furniture yang dilirik oleh pengunjung antara lain furniture kesehatan, furniture yang terbuat dari metal, dan furniture rumah tangga.

Selain Malaysia, produk-produk tersebut mendapatkan pasar di Eropa, Timur Tengan, dan beberapa negara Asia lainnya.

Sejak tahun 2010 hingga 2014, tren ekspor furniture kesehatan ke Malaysia mengalami pertumbuhan sebesar 31, 79 persen.

Beberapa negara pun menjadi pesaing Indonesia di Malaysia. Mereka ialah Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

  1. Pakaian Muslim

Masyarakat Malaysia sangat suka dengan produk pakaian muslim Indonesia. Pakaian-pakaian muslim Indoneisa pun banyak yang diekspor ke Negeri Jiran itu, terlebih ketika menjelang Ramadhan.

Secara umum, pakaian muslim Indonesia berhasil memperoleh pangsa pasar yang besar di skala global dengan nilai ekspor mencapai US$ 4,57 miliar pada tahun 2015.

Menurut Sulistyawati, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kementrian Perdagangan, volume ekspor produk fashion naik hingga 3,87% pada Januari 2016.

  1. Kerajinan Tangan

Produk-produk kerajinan tangan asal Indonesia sangat disukai pasar luar negeri. Menurut Titik Farida, Pengajar Peserta Balai Besar Pendidikan dan Pelatikan Ekspor, ekspor kerajinan tangan Indonesia meningkat sebesar 10% setiap tahunnya.

Salah satu negara utama ekspor indoneisa adalah Malaysia. Hal ini dikarenakan Malaysia memiliki budaya yang hampir mirip dengan Indonesia, yakni budaya Melayu yang beruansa religius.

Produk-produk ekspor ke Malaysia lebih mengarah ke arah souvenir seperti kaligrafi, tirai, sarung bantal, dan anyaman.

Selain itu, kain-kain khas Indonesia pun sangat diminati oleh masyarakat Malaysia seperti batik, tenun, dan sulam.

  1. Makanan Olahan

Indonesia banyak mengekspor makanan olahannya ke luar negeri. Pada periode Januari – April 2020, nilai ekspor makanan olahan mencapai USD 32 miliar. Nilai ini meningkat sebesar 7,9 persen dibanding tahun sebelumnya.

Di periode yang sama, nilai ekspor makanan olahan ke Malaysia mencapai USD 101,6 juta atau sebesar 7,65 persen dari total keseluruhan. Produk-produk yang paling banyak di ekspor adalah mie instan, kopi, camila, dan bumbu masakan.

Reporter: Diani Ratna Utami

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini