Deretan Bintang yang Sukses di Chelsea

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Chelsea memiliki banyak pemain bintang yang mampu membawa klub meraih gelar. Berikut deretan bintang The Blues yang masih aktif dan sudah pensiun.

Didirikan pada 1905, Chelsea memiliki berbagai momen penting dalam sejarah mereka meskipun era kesuksesan klub London Barat dengan berbagai gelar juara didapatkan berkat deretan pemain berkualitas tinggi.

Sepanjang sejarahnya, terdapat beberapa pemain dengan kualitas tinggi pernah membela The Blues yang terlibat dalam berbagai kesuksesan dan membantu perkembangan tim hingga saat ini.

Di bawah ini adalah beberapa pemain yang punya peran membawa Si Biru terus bersaing di level atas:

1. Gianfranco Zola
Selama tujuh musim di Chelsea, Zola berhasil mengumpulkan enam gelar, termasuk dua titel di kancah Eropa. Akan tetapi, bukan itu yang diingat fans dari sosok Zola, melainkan aksi-aksi individu dalam mengolah bola.

Selama di Chelsea, Zola mencetak 74 gol dan tak sedikit yang dicetak dengan cara sensasional, termasuk lewat sepakan bebas. Zola menjadi salah satu aktor kunci di balik kebangkitan Chelsea. Oleh fans di 2003, Zola dinobatkan sebagai Pemain Chelsea Terbaik Sepanjang Masa. Zola juga pernah memperkuat tim nasional Italia dengan mencatat 35 kali penampilan dari tahun 1991 hingga 1997.

2. Petr Cech
Cech bergabung dengan Chelsea dari Rennes pada 2004 dan merupakan salah satu bagian dari pemain yang datang ketika Jose Mourinho menjadi manajer klub tersebut. Berposisi sebagai penjaga gawang, Cech membela The Blues hingga 2015. Selama kariernya di Stamford Bridge, pemain asal Republik Ceko ini tampil dalam 494 pertandingan di seluruh kompetisi dan memenangkan empat titel Premier League, empat FA Cup, tiga League Cup, dua Community Shield, serta satu Champions League dan Europa League.

3. John Terry
Terry merupakan kapten legendaris di era keemasan Chelsea. Kontribusinya tak bisa perlu diragukan lagi. Performa solid dan jiwa kepemimpinannya memandu Chelsea hingga meraih banyak trofi sebelum akhirnya dia meninggalkan Stamford Bridge pada 2017 ke Aston Villa. Terry menjadi satu-satunya kapten di Premier League yang membawa timnya meraih lima trofi Liga Inggris dan satu-satunya pemain Chelsea yang menorehkan pencapaian tersebut. Dengan total 717 penampilan untuk The Pensioners, John Terry juga mempersembahkan satu trofi Liga Champions dan Liga Europa, empat trofi Piala FA, dan empat Piala Liga Inggris.

4. Didier Drogba
Drogba adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Chelsea dan dikenal memiliki pengaruh besar dalam membangun mentalitas juara pasukan London Barat pada generasi emas pertama era kepemilikan Roman Abramovich. Drogba menjalani dua periode di Chelsea. Pertama dia bermain dari 2004 hingga 2012 ketika dirinya menjadi salah satu tokoh utama dalam keberhasilan Chelsea meraih dua gelar Liga Inggris, satu trofi Liga Champions, tiga Piala FA, dan dua Piala Liga Inggris.

Jose Mourinho membawanya kembali ke Stamford Bridge pada musim 2014 dan menjadikannya pemain pelapis di lini depan. Meski demikian, Drogba tetap punya kontribusi besar dengan ikut mengantar Chelsea meraih trofi Liga Ingris keempat di era Premier League.

5. Michael Essien
Datang pada musim panas 2005, Essien menawarkan energi dan kesolidan di lini tengah Chelsea yang membuat mereka makin sulit ditaklukkan tim mana pun. Bisa dibilang Essien adalah gelandang pengangkut air bagi lini tengah Chelsea.

Essien menjadi bagian dari skuat The Blues yang mengangkat trofi Liga Champions pada 2012, dan dua trofi Liga Inggris. Essien meninggalkan London Barat pada musim panas 2012 untuk dipinjamkan ke Madrid sebelum dilepas secara permanen ke AC Milan pada 2014.

6. Eden Hazard
Hazard bisa dibilang sebagai pemain Chelsea yang meneruskan jejak Gianfranco Zola sebagai pemain dengan skil bola luar biasa. Bahkan penampilan pemain Belgia itu lebih diakui lagi di level dunia setelah berhasil menjadi tokoh penting dalam keberhasilan Chelsea meraih dua trofi Premier League pada 2015 dan 2017. Kualitas dan skill permainan nya sudah tidak diragukan lagi. Hazard pun memikat para petinggi Real Madrid yang bersedia menebusnya dengan harga 100 juta Euro pada musim panas 2019 lalu.

7. Frank Lampard
Lampard adalah salah satu gelandang yang amat produktif di Chelsea pada masanya. Nama Frank Lampard pun hingga kini masih memegang rekor pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang masa dengan 211 gol yang dicetaknya pada rentang 2001 hingga 2014. Lampard juga menjadi kapten tim Chelsea menggantikan John Terry yang terkena sanski larangan main dan absen pada dua malam final kompetisi Eropa yang berakhir dengan kemenangan untuk The Blues pada final Liga Champions 2012 dan Liga Europa 2013.

Penulis: Aris Kurniawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini