Demi Tegakkan Lockdwon, Pemerintah Vietnam Kerahkan Tentara

Baca Juga

MATA INDONESIA, HANOI Pemerintah Vietnam memutuskan untuk mengerahkan tentara ke jalan-jalan di Kota Ho Chi Minch pada Senin (23/8) untuk membantu menegakkan penguncian ketat di daerah perkotaan.

Sebagaimana diketahui, kasus Covid-19 di Vietnam saat ini menjadi yang terburuk sejak virus – yang telah menelan jutaan jiwa di dunia, itu ditetapkan sebagai pandemi. Hingga saat ini, Vietnam mencatat total kasus Covid-19 sebanyak 348,000 dengan angka kematian sebanyak 8,277.

Sebagian besar kasus tersebut terjadi di Kota Ho Chi Minh dan provinsi industri sekitarnya. Meningkatnya kasus Covid-19 di Vietnam disinyalir karena varian Delta – yang pertama kali diidentifikasi di India, mulai menyebar sejak akhir April.

Alhasil sejak awal Juli, Vietnam menerapkan pembatasan pergerakan di Kota Ho Chi Minh. Pemerintah Vietnam mengatakan bahwa penguncian yang lebih ketat akan dimulai pada Senin (23/8).

Dengan begitu, orang-orang di kawasan Kota Ho Chi Minch dilarang untuk meninggalkan rumah mereka, bahkan untuk sekadar makanan di restoran. Pemerintah juga memastikan bahwa militer akan turun tangan untuk membantu penegakan lockdown tersebut.

Saksi mata mengatakan tentara mengirimkan makanan kepada penduduk kota dan gambar yang disiarkan oleh media pemerintah menunjukkan tentara bersenjata berjaga di pos pemeriksaan dan memeriksa dokumen, melansir Reuters, Senin, 23 Agustus 2021.

Kota Ho Chi Minh mencatat total 176.000 infeksi Covid-19 dengan 6.670 kematian, terhitung setengah dari keseluruhan kasus Vietnam dan 80 persen kematian, menurut Kementerian Kesehatan Vietnam.

Pemerintah Vietnam selama beberapa pekan terakhir mengirim 14.600 dokter dan perawat tambahan ke kota itu dan provinsi-provinsi tetangganya untuk mendukung sistem medisnya yang kewalahan.

Pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala diimbau untuk mengisolasi diri di rumah. Sementara warga yang tinggal di distrik kota Phu Nhuan dan Go Vap mengatakan bahwa mereka telah menerima paket beras, daging, ikan, dan sayuran dari militer.

Sebelumnya pemerintah Vietnam mengumumkan akan mengirim 130 ribu ton beras dari persediaan negara ke Kota Ho Chi Minh dan 23 kota dan provinsi lainnya. Hingga saat ini tercatat hanya 1,8 persen dari 98 juta warga Vietnam yang sudah divaksin lengkap.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bupati Sleman Apresiasi Sebagai Sarana Menyatukan Warga

Mata Indonesia, Sleman - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menghadiri Kirab Budaya dalam rangka Merti Desa ‘Mbah Bregas’ Kalurahan Margoagung, Seyegan yang digelar di Balai Ringin Ngino, Sabtu, (4/5). Pada kesempatan tersebut, Kustini juga turut melakukan prosesi penuangan 7 kendi air suci di Ringin Ngino Mbah Bregas.
- Advertisement -

Baca berita yang ini