Cara Daftar Vaksin Covid-19 Gratis di Sejumlah Kota

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Program vaksinasi Covid-19 nasional kini mulai menyasar masyarakat umum yang berusia di atas 18 tahun. Vaksin diberikan secara gratis, tanpa pungutan biaya.

Berikut informasi terkait vaksinasi 18 tahun ke atas yang telah mulai digulirkan di sejumlah kota:

1. Jakarta

Untuk mendapatkan layanan vaksinasi, peserta wajib mempunyai KTP DKI Jakarta atau surat keterangan domisili DKI Jakarta. Pendaftaran sebagai peserta vaksinasi dapat dilakukan melalui aplikasi Peduli Lindungi atau link pendaftaran yang disediakan tempat vaksinasi.

Vaksinasi dapat dilakukan di seluruh fasilitas vaksinasi DKI Jakarta, salah satunya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Di RSCM, vaksinasi berlangsung setiap hari pukul 08.00-12.00, di Poliklinik Madya RSCM.

2. Depok

Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, juga telah membuka pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi warga berusia 18 tahun ke atas. Warga yang ingin divaksinasi Covid-19 dapat mendaftarkan diri ke puskesmas atau rumah sakit sesuai domisili masing-masing.

“Vaksinasi saat ini sudah bisa untuk masyarakat umum usia 18-49 tahun, pralansia (50-59 tahun) dan lansia (60 tahun ke atas),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, dilansir dari Kompas.com.

“Syarat vaksinasi adalah membawa fotokopi KTP Depok dan keterangan domisili Depok apabila KTP dari luar kota,” lanjutnya.

3. Bandung

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 di RSUD Kota Bandung dibuka sejak Jumat 18 Juni 2021. Masyarakat umum berusia 18 tahun yang tinggal di Kota Bandung, Jawa Barat, dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi Covid-19 di RSUD Kota Bandung.

Melalui akun Facebook-nya, RSUD Kota Bandung menyebutkan bahwa persyaratan untuk mendapatkan vaksin adalah memiliki KTP Kota Bandung, atau Surat Keterangan Domisili di Kota Bandung. Formulir pendaftaran dapat diakses melalui tautan berikut https://bit.ly/3wCzfG3.

Sebagai catatan, pastikan nomor ponsel yang didaftarkan masih aktif, dan diutamakan memakai WhatsApp. Pasalnya, calon penerima vaksin akan mendapatkan informasi terkait penjadwalan layanan vaksinasi dari Tim Vaksinasi RSUD Kota Bandung melalui nomor yang didaftarkan.

4. Surabaya

Masyarakat umum berusia 18 tahun yang tinggal di Surabaya, Jawa Timur bisa mendaftarkan dirinya secara online. Pendaftaran tidak terbatas untuk warga ber-KTP Surabaya saja, tetapi juga terbuka untuk warga luar daerah yang berdomisili di kota tersebut.

Bagi warga yang sudah berusia di atas 18 tahun, bisa mendaftar dengan mengakses http://bit.ly/pendaftaranvaksin18tahun.

Setelah mengisi data, warga akan menerima SMS dari Dinkes untuk menginformasikan jadwal pelaksanaan vaksinasi.
Oleh sebab itu, pastikan nomor yang di daftarkan tidak salah. Selain itu, warga juga tidak perlu datang ke Puskesmas setempat untuk menanyakan jadwal vaksinasi Covid-19.

5. Semarang

Warga Jawa Tengah berusia 18 tahun yang tinggal di Kota Semarang dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 gratis. Kuota vaksinasi yang disediakan per hari sekitar 1.000 orang

Vaksinasi bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan No 9 Semarang. Vaksinasi dilakukan setiap hari Senin-Jumat pukul 07.00-14.00 WIB, dan pelaksanaannya dilakukan hingga Desember 2021.

Cara untuk mendapatkan vaksinasi ini cukup mudah, yakni datang ke lokasi dan mengambil nomor antrean.
Calon penerima vaksin perlu membawa KTP Jateng atau surat domisili Jateng dari RT setempat.

6. Yogyakarta

Khusu warga Yogyakarta, vaksinasi Covid-19 gratis dapat dilakukan di Rumah Sakit Bethesda dan Panti Rapih. Vaksinasi dimulai sejak 6 Juni 2021, dan diprioritaskan bagi warga yang berdomisili di Kota Yogyakarta.

Pendaftaran dilakukan minimal H-1 sebelum pelaksanaan dengan menghubungi nomor telepon (0274) 514004 atau 514008. Kuota vaksinasi per hari di RS Panti Rapih sebesar 150 orang, dan dilaksanakan mulai pukul 07.30-10.00 WIB.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Marketing RS Bethesda, Adiatno Priambodo mengatakan RS Bethesda memulai vaksinasi untuk pra lansia, lansia, dan pelayanan publik di Kota Yogyakarta pada tanggal 15 Juni 2021. Pendaftaran vaksinasi dilakukan H-3 atau maksimal H-6 sebelum pelaksanaan dengan menghubungi nomor telepon (0274) 521249, 521250.

Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone yakni Mobile RS Bethesda. Kuota vaksinasi tiap harinya di RS Bethesda sebanyak 100 orang.

Calon penerima vaksin wajib membawa KTP dan persyaratan lain yang dibutuhkan, seperti surat keterangan kerja, atau fotokopi kartu anggota untuk ASN, TNI, Polri, atau guru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini