Bupati Sleman Ajak Gotong Royong Bangun Perekonomian Masyarakat

Baca Juga

Mata Indonesia, Sleman – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2023 Kodim 0732/Sleman resmi dibuka oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, pada Jumat (14/7).

Upacara pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Nogotirto tersebut, ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Sleman dengan didampingi jajaran Kodim 0732/Sleman.

Bupati menyampaikan, program TMMD Sengkuyung merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antara Pemkab Sleman dan Forkompimda khususnya TNI dalam pembangunan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sleman. Dengan keberhasilan pelaksanaan TMMD Sekuyung selama ini, Bupati yakin program ini dapat membantu menggerakkan pembangunan infrastruktur di desa sehingga dapat membantu roda perekonomian masyarakat Sleman.

“Dengan dukungan TMMD Sengkuyung dalam berbagai pembangunan kegiatan fisik dan non fisik disertai partisipasi masyarakat, saya yakin kegiatan ini dapat memberikan hasil nyata dalam membantu menggerakkan dan memulihkan perekonomian masyarakat,” kata Kustini.

Dilanjutkan Kustini, di tengah momen jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Bupati berharap kegiatan TMMD Sengkuyung ini dapat menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan patriotisme masyarakat melalui gotong-royong. Bupati juga mengimbau peningkatan kolaborasi antara TNI, POLRI, Pemkab Sleman dan masyarakat melalui program TMMD Sengkuyung, sehingga pelaksaanan program-program pembangunan bagi kemajuan Kabupaten Sleman dapat dipercepat.

Mendukung hal yang disampaikan bupati, Komandan Kodim 0732, Letkol (Arm) Danny Arianto Pardamean Girsang,. S.Sos., M.Han, menyampaikan bahwa inti kegiatan TMMD adalah kemanunggalan TNI dan rakyat. Danny menyebut, jangan sampai masyarakat lupa dengan budaya Indonesia yakni kegotongroyongan. Sehingga ia berharap, rasa kepedulian dan rasa gotong royong di antara pemerintah, TNI, dan masyarakat dapat terus terjalin dalam menciptakan kesejahteraan bersama.

“Kita membangun desa bukan dari TNI saja atau warga saja, namun juga dari seluruh komponen bersama-sama menjaga ciri khas bangsa, kegotongroyongan, manunggal bersama dalam membangun desa,” ucap Danny.

Pasiter Kodim 0732/Sleman, Kapten Arm Irwan Setio Wardhana, melaporkan untuk pelaksanaan TMMD Sengkuyung ke-117 dilaksanakan mulai dari 12 Juli-10 Agustus 2023. Pada program ini, terdapat beberapa sasaran fisik maupun non-fisik. Nantinya, pelaksanaan akan dikerjakan oleh tim TNI yang dibantu oleh warga Kalurahan Nogotirto.

“Untuk sasaran fisik, dilakukan pembangunan corblok jalan, perbaikan talud jalan, pelebaran dan pembuatan jembatan, rehab pos kamling, dan perbaikan Rumah Tak Layak Huni milik 2 orang warga. Sementara itu untuk sasaran non fisik dilakukan penyuluhan pencegahan stunting, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kamtibmas, kejahatan jalanan, dan bullying,” ujar Kapten Irwan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati beserta jajaran sekaligus menandatangani naskah penyerahan kegiatan pelaksanaan TMMD bersama Komandan Kodim 0732, Letkol (Arm) Danny Arianto Pardamean Girsang,. S.Sos., M.Han. Kemudian Bupati juga menyematkan tanda peserta satgas TMMD dan penyerahan alat peralatan kerja secara simbolis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini