Bulog Sedang Dekati Produsen, akan Jual Minyak Goreng Murah Tahun Depan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menjual minyak goreng dengan harga murah mulai tahun 2022. Hal ini diungkapkan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. Saat ini Bulog sedang mendekati sejumlah produsen minyak goreng.

”Termasuk saya pun juga menghubungi (produsen),” ujar Buwas, sapaan Budi, dalam di Kantor Bulog, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Desember 2021.

Upaya ini karena harga minyak goreng kemasan di pasaran mencapai Rp 20 ribu lebih per liter, lebih tinggi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 11 ribu.

Komunikasi dengan sejumlah produsen dipimpin oleh Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog, Mokhamad Suyamto.

Sejumlah produsen dihubungi, termasuk produsen yang selama ini bermitra dengan dengan Bulog untuk memasok minyak goreng. Nantinya, Bulog akan membeli minyak goreng dari produsen dan menjualnya dengan harga yang lebih murah ke masyarakat.
Upaya ini tidak mudah. Menurut Buwas, penyediaan minyak goreng murah untuk masyarakat ini harus ada bantuannya dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Sebab, kewenangan menstabilkan harga minyak di tingkat produsen ada di kedua kementerian tersebut. Buwas menyebut pihaknya akan kesulitan jika harga beli minyak di tingkat produsen nantinya terlalu tinggi. ”Gimana kami akan operasi pasar, kalau kita beli sudah mahal,” ujarnya

Masalah lain muncul dari stok minyak goreng yang ada di gudang produsen. Beberapa produsen minyak ternyata sudah tak lagi punya stok karena sudah habis untuk di ekspor. Kalaupun produksi hari ini, kata dia, maka kisaran harganya juga akan sama dengan kondisi di pasaran saat ini.

Sehingga, sampai hari ini memang belum ada keputusan final Bulog akan membeli minyak goreng dari produsen mana saja. Bulog masih berusaha mencari harga minyak yang lebih rendah. “Saya tidak akan menyerah,” kata Buwas.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini