Brutal, KSP Bakar Helikopter di Ilaga Papua dan Picu Baku Tembak dengan TNI-Polri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kelompok Separatis Papua (KSP) membakar sebuah helikopter yang terparkir di Apron Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Minggu 11 April 2021 di malam hari. Tindakan ini memicu baku tembak antara KSP dan personel TNI-Polri.

“Aparat keamanan TNI-Polri telah mengetahui KSP yang melakukan aksi brutal antara lain Prenggen Telenggen, Abu Bakar Kogoya, Lerymayu, Telenggen, dan Numbuk Telenggen,” kata Kepala Humas Satgas Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusy, Senin 12 April 2021.

Sebelumnya, situasi sempat memanas di wilayah Ilaga karena sejumlah peristiwa yang diduga dilakukan KSP yaitu meliputi penembakan terhadap guru sekolah dasar (SD) bernama Oktovianus Rayo pada Kamis 8 April 2021.

Bahkan, sehari setelahnya, KSP juga diduga menembak mati seorang guru SMPN bernama Yoanatan Renden di Distrik Beoga. Terakhir, KSP juga diduga membakar tiga sekolah yang terletak di wilayah yang sama.

Aksi ini diduga didalangi oleh Nau Waker, seorang pimpinan KSP. Serangan yang dilakukan Nau Waker terjadi saat memenuhi undangan pimpinan KKB Legakak Telenggen menuju Ilaga. Namun, saat perjalanan mereka terdesak dengan kehadiran aparat.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri memastikan bahwa warga yang ada di Beoga akan dievakuasi dalam waktu dekat. Warga akan dipindahkan ke wilayah Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Lokasi ini dipilih karena cenderung dekat dengan Ilaga dan Timika.

“Untuk jumlah warga yang akan diungsikan, belum diketahui pasti, karena komunikasi ke Beoga agak susah,” kata Irjen Pol Fakhiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini