BNPB: Ada Patahan Bumi Aktif, Warga 3 Kecamatan di Gorontalo Diminta Waspada

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Warga yang berada di tiga kecamatan di Gorontalo diminta oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk waspada. Pasalnya, di Teluk Tomini tersebut terdapat patahan bumi aktif yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan gempa dahsyat.

Tiga kecamatan yang terdampak yakni, yakni Kecamatan Hulondalangi, Kecamatan Kota Barat, dan Dumbo Raya.

Adanya patahan yang berpotensi gempa itu juga dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, Sumarwoto. Dirinya mengatakan, benar tiga kecamatan itu dilalui oleh patahan bumi aktif yang berpotensi gempa.

Sumarwoto juga mengingatkan warga agar membatasi pembangunan di tiga kecamatan tersebut. Dan lebih dimbau untuk membuat ruang terbuka hijau (RTH) agar bisa menjadi lokasi evakuasi.

Menurutnya, patahan bumi itu setiap tahunya memang hanya bergeser sedikit gerakanya. Meski begitu masyarakat diimbau agar tidak memandang enteng hal ini.

Walau hanya sedikit kata dia, namun diperkirakan patahan bumi itu menyimpan energi besar yang sewaktu-waktu bisa memberikan dampak buruk bagi masyarakat Kota Gorontalo terutama di tiga Kecamatan itu.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini