BMKG: Waspada Banjir-Longsor, Hujan Lebat Bakal Landa Indonesia hingga Kamis Mendatang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Selama lima hari kedepan sejak Sabtu 8 hingga 13 Februari 2020, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar pulau Indonesia akan dilanda hujan sedang hingga lebat. Masyarakat diminta waspada banjir hingga tanah longsor.

“Secara umum hujan merata di berbagai pulau besar Indonesia, mulai Aceh sampai Papua alami hujan harian dengan intensitas sedang hingga lebat,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers di gedung BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu 8 Februari 2020.

Dwikorita menyebut wilayah yang terdampak hujan lebat adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Seluruh provinsi tersebut, sebutnya, berpotensi mengalami banjir hingga tanah longsor.

“Inilah, karena intensitas ini tampaknya masih tinggi dan terjadi tidak hanya di Jabodetabek, bahkan di wilayah lain di Indonesia, perlu diwaspadai potensi banjir, banjir bandang, longsor,” katanua.

Dwikorita menyebut pada 8-9 Februari ada 11 wilayah di Indonesia yang harus waspada banjir dan 1 wilayah siaga banjir dampak hujan lebat. Sebanyak 12 provinsi itu adalah Kalimantan Utara, Aceh, Bengkulu, Sumsel, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

“Jadi itu tadi ada 12 wilayah yang berpotensi banjir atau genangan diprediksi berdasarkan intensitas hujannya,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini