Bill Gates Sebut Perubahan Iklim Lebih Berbahaya dari Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pendiri Microsoft dan mantan orang terkaua di dunia, Bill Gates menilai, masalah perubahan iklim adalah hal paling berbahaya saat ini, bahkan melebihi pandemi Covid-19.

Menurut Gates, mengatasi pandemi Covid-19 sebenarnya adalah hal mudah, dan tak butuh waktu lama, jika dibandingkan menyelesaikan persoalan perubahan iklim.

“Ini jauh lebih besar dibandingkan pandemi, dan hal ini membutuhkan level kerja sama yang belum pernah dilakukan sebelumnya,” kata Gates, seperti dikutip dari BBC, Senin 15 Februari 2021.

Gates membahas perubahan iklim dan pemanasan global dalam buku barunya, How to Avoid a Climate Disaster. Ia menyebut saat ini, 51 miliar ton gas rumah kaca yang berbahaya terlontar ke atmosfer Bumi, yang harus ditekan serendah-rendahnya, kalau bisa sampai angka nol.

Kemudian, Gates coba mengajak semua pihak untuk berinovasi di bidang teknologi untuk mengatasi perubahan iklim. Contohnya, seperti upaya menemukan energi terbarukan, dari angin maupun cahaya matahari.

Lebih rinci, Gates menyebut 70 persen sumber emisi lain belum ada pemecahannya karena sukar tergantikan dan terkait dengan perekonomian dunia. Misalnya sistem transportasi, material baja, semen, produk pupuk dan lain sebagainya.

Bill Gates menyarankan inovasi harus dilakukan bersama-sama dalam skala sangat besar yang belum pernah terjadi. Itu bisa diawali dengan pemerintah menegakkan aturan, misalnya warga atau perusahaan harus membayar kerugian jika menggunakan produk yang merusak lingkungan.

“Saat ini, Anda tidak melihat kerusakan yang Anda sebabkan pada saat melepaskan karbondioksida. Kita harus memberi sinyal terkait harga untuk memberitahu sektor swasta bahwa kita ingin produk hijau,” ujar Gates.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini