Berkomplot dengan Iran, Pekerja Kebersihan di Rumah Menhan Israel Ditangkap

Baca Juga

MATA INDONESIA, YERUSALEM – Agen rahasia Israel, Shin Bet menangkap seorang pekerja kebersihan di rumah Menteri Pertahanan Benny Gantz. Ia ditangkap karena diduga menjadi mata-mata untuk peretas Black Shadow yang terkait dengan Iran.

Menurut dakwaan yang diterbitkan oleh kementerian kehakiman Israel, Omri Goren Gorochovsky, seorang pria berusia 37 tahun yang tinggal di pusat kota Lod, ditangkap pada 4 November 2021.

Surat dakwaan mengatakan bahwa Gorochovsky dan rekannya bekerja sebagai pembersih di rumah Gantz di Rosh Haayin di luar Kota Tel Aviv.

Gorochovsky diduga menghubungi kelompok peretas Black Shadow melalui Telegram pada atau sekitar 31 Oktober dengan tawaran untuk menyampaikan informasi dari rumah Gantz.

Black Shadow dianggap bertanggung jawab atas peretasan besar-besaran yang menargetkan penyedia layanan internet Israel pada bulan lalu. Lembar dakwaan Israel menggambarkan Black Shadow berafiliasi dengan Iran.

Menggunakan nama palsu, Israel mengatakan tersangka mengidentifikasi dirinya sebagai seseorang yang bekerja di rumah Menteri Pertahanan Israel, dan mencatat kemampuannya untuk membantu kelompok itu dengan berbagai cara.

Menurut lembar dakwaan, Gorochovsky meminta sejumlah uang kepada perwakilan Black Shadow. Di mana dia akan menyampaikan informasi melalui malware yang dia usulkan untuk ditanamkan dengan perangkat USB.

Untuk membuktikan kredibilitasnya, kata surat dakwaan, Gorochovsky mengirim foto-foto berbagai barang di rumah Menteri Benny Gantz, seperti dilansir France24.

Foto-foto tersebut termasuk meja kerjanya, paket dengan stiker yang berisi alamat IP, kenang-kenangan untuk Gantz yang sebelumnya menjabat kepala staf angkatan bersenjata Israel, foto keluarga, dan tanda terima pembayaran pajak properti.

Dalam pernyataan terpisah, badan keamanan internal Israel Shin Bet mengatakan Gorochovsky tidak mendapatkan akses ke materi rahasia. “Dengan demikian tidak ada materi seperti itu yang ditransfer darinya ke sumber yang dia hubungi,” kata Shin Bet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini