Berbentuk Meja Al-Qur’an, Ini Perpustakaan Termegah se-Asia Tenggara di Pekanbaru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bangsa Indonesia patut berbangga diri. Pasalnya, perpustakaan unik dan termegah se-Asia Tenggara ada di Pekanbaru, Riau.

Atap perpustakaan berbentuk rehal atau meja lipat tempat baca Al-Qur’an. Gedung menjulang tinggi sebanyak enam lantai.

Bangunan megah itu bernama Perpustakaan Wilayah Soeman HS. Diresmikan Wakil Presiden, Jusuf Kalla pada 2008. Berlokasi di Jalan Sudirman, tepatnya samping Kantor Gubernur Riau.

Atap konsep rehal Alquran itu merupakan filosofi ajaran Islam untuk selalu menyanjung kebesaran Allah SWT dengan senantiasa membaca Al-Qur’an. Desain arsitektur yang unik menonjolkan budaya lokal serta menyatukan tradisional dan modern.

Enggak heran Perpustakaan Soeman HS, Riau dinobatkan sebagai Perpustakaan terbaik se-Asia Tenggara. Hasil dari seleksi desain arsitektur yang mencerminkan identitas ASEAN pada 2015.

Diinisiasi Gubernur Riau Rusli Zainal perpustakaan ini tetap mempertahankan bangunan bersejarah yang berdiri di sekitar lokasi.

Konsep Perpustakaan Soeman HS dibuat tembus pandang dengan kaca transparan. Sehingga pencahayaan alami di pagi atau siang hari membuat terang benderang.

Jika berkunjung ke Pekanbaru, pastikan mampir ke Perpustakaan Wilayah Soeman HS Riau. Dari Bandara Internasional Sultan Sultan Syarif Kasim (SKK) II cuma butuh sekitar 5 menit saja ke lokasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upayakan Berantas Penumpukan Sampah Liar, Pemkab Bantul Optimalisasi 15 TPS3R

Mata Indonesia, Bantul - Pemkab Bantul terus mencari solusi terhadap sampah yang belum terkondisi di beberapa titik. Tak jarang masyarakat hingga pelaku usaha cukup kesulitan harus membuang kemana sampah mereka.
- Advertisement -

Baca berita yang ini