Bantuan Kemanusiaan Indonesia Sudah Tiba di Afghanistan

Baca Juga

MATA INDONESIA, KABUL –  Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan. Dua pesawat yang membawa bantuan tersebut telah tiba di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul pada Minggu (9/1).

“Bantuan kemanusiaan ini diberikan sebagai respon terhadap situasi kemanusiaan di Afghanistan yang memprihatinkan. Bantuan diberikan sesuai dengan kebutuhan, berdasarkan asesmen yang dilakukan oleh World Food Programme (WFP),” demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia.

Kedua pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan itu, turut dilepas oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi. Diplomat top Indonesia itu mengatakan bahwa bahwa bantuan kemanusiaan ini diberikan sebagai bentuk komitmen Indonesia terhadap Afghanistan.

“Setelah menyelesaikan proses unloading dan serah terima di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, kedua pesawat dan seluruh kru langsung meneruskan perjalanan ke New Delhi untuk transit dan mengisi bahan bakar, sebelum kembali ke Jakarta,” sambung pernyataan Kemlu.

“Indonesia akan terus memperkuat diplomasi kemanusiaan dan berusaha berkontribusi bagi situasi kemanusiaan yang memprihatinkan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Safety dan wellbeing rakyat selalu menjadi prioritas perhatian Indonesia,” lanjutnya.

Sementara itu, Country Director-WFP Indonesia, Christa Rader mengapresiasi bantuan kemanusiaan dari Indonesia, berupa bantuan pangan nutrisi.

“Hal ini merupakan langkah konkret dari solidaritas global untuk mengatasi penderitaan rakyat Afghanistan. Bantuan yang telah diterima akan segera dikoordinasikan penyalurannya oleh WFP-Afghanistan,” ucap Christa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini