Banting Harga, AS Jual Dua Kapal Induk Bekas Seharga 1 Sen!

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menjual dua kapal induk bekasnya ke perusahaan pemecah kapal. Menariknya, dua kapal induk bekas tersebut dijual sangat murah, yakni 1 sen!

“Biaya pemotongan harga mencerminkan fakta bahwa perusahaan akan mendapat untung dari penjualan logam kapal untuk skrap,” kata pejabat berwenang, melansir Military.com.

Naval Sea Systems Command – suborganisasi Angkatan Laut AS, telah menemukan kata sepakat untuk menjual USS Kitty Hawk dan USS John F. Kennedy ke International Shipbreaking Limited (ISL), yang berbasis di Brownsville, Texas, USA Today melaporkan.

Sementara Brownsville Herald melaporkan bahwa penarik dan pemecah kapal adalah proses yang mahal, dan Angkatan Laut AS sebelumnya telah membayar sejumlah besar uang kepada ISL untuk mendaur ulang kapalnya.

“Nilai kontrak mencerminkan bahwa perusahaan yang dikontrak akan mendapat manfaat dari penjualan baja bekas, besi, dan bijih logam non-ferrous selanjutnya,” kata Alan Baribeau, juru bicara Komando Sistem Laut Angkatan Laut dalam sebuah pernyataan.

Kedua kapal diluncurkan pada 1960-an dan mampu membawa puluhan pesawat. Kitty Hawk dikerahkan dalam Perang Vietnam, sementara John F. Kennedy berperan besar dalam Perang Teluk.

Kitty Hawk dinonaktifkan tahun 2017 dan John F. Kennedy pada tahun 2009. Kedua kapal induk tersebut telah menghabiskan waktu mereka sejak berada di pangkalan angkatan laut.

“Dua kapal induk yang pernah berjaya di masanya itu akan ditarik ke Brownsville untuk dibongkar dalam beberapa bulan mendatang,” ucap juru bicara ISL.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini