Bank Pembangunan Daerah Dongkrak Pemulihan Ekonomi Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bank Pembangunan Daerah (BPD) dinilai oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto memiliki peran strategis dalam pemulihan ekonomi di daerahnya agar bisa berkontribusi terhadap Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“BPD memiliki peran strategis terutama untuk pemulihan ekonomi di daerah dan BPD diharapkan lebih kompetitif, kuat dan kontributif dan utamanya juga bpd menjadi penyalur KUR yang sangat diminati usaha kecil dan menengah,” kata Airlangga di Jakarta, Minggu 27 Februari 2022.

Lewat digitalisasi yang dilakukan BPD diharapkan dapat mendorong peluang dan akses yang lebih luas kepada masyarakat dan bisa mendorong masyarakat lebih inklusif dan mudah mendapatkan layanan BPD.

Caranya dengan terus memberikan pinjaman modal sehingga diperlukan diberikan strukturisasi.

“Sehingga UMKM bisa bernafas dalam situasi pandemi Covid-19 dan tentu mempertahankan para pekerjanya sehingga bs ikut serta dalam pemulihan aktivitas bisnis yang pada akhirnya meningkatkan pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Agus Fatoni, mengungkapkan dalam rangka memenangkan persaingan, BPD mau tidak mau harus masuk ke dalam digitalisasi. Sebab BPD harus memerankan fungsinya mensinergikan BPD agar lebih efektif dan efisien.

Tak hanya itu, sinergitas juga merupakan kunci sukses BPD untuk berkontribusi besar dalam mempercepat pemulihan ekonomi.

“Dengan kekuatan yang saling mendukung antara perbankan daerah sebanyak 26 BPD, kemudian 204 BPR milik Pemda, dan 18 Jamkrida, tentunya pemulihan ekonomi dapat terealisasi dengan cepat,” katanya.

Menanggapi itu, Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengungkapkan, BPD memiliki peluang besar untuk berkontribusi bagi perekonomian nasional. Pasalnya tidak ada perekonomian nasional, yang ada hanyalah perekonomian daerah dan potensi ekonomi ada di daerah.

“Maka ini adalah potensi BPD sebenarnya karena BPD kan tuan rumah di daerahnya. Menurut saya peluang ini belum dimanfaat secara penuh oleh BPD-BPD kita di semua daerah,” kata Piter.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Gencarkan Pembangunan di Papua Sebagai Amanat Undang-Undang

Pemerintah Indonesia telah mengintensifkan upaya pembangunan di Papua sebagai bagian dari amanat Undang-Undang Otonomi Khusus Papua yang telah diperbarui...
- Advertisement -

Baca berita yang ini