Awal Tahun 2022, Vaksinasi Anak di Papua Mulai Berlangsung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Pemerintah gerak cepat melakukan vaksinasi terhadap anak-anak. Satuan Tugas Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Papua menyebutkan vaksinasi Covid-19 pada anak 6-11 tahun mulai berlangsung di awal tahun 2022 ini.

Juru Bicara Satuan Tugas Papua Silvanus Sumule di Jayapura, Minggu 2 Janauri 2022  mengatakan percepatan ini karena  Papua juga akan melaksanakan imunisasi MR (campak rubella) pada anak usia sembilan bulan hingga 12 tahun. Rencananya  pada Maret dan April 2022.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun harus atas permintaan orang tua. Mendapat pendampingan orang tua. Lolos skrining dan tidak dengan pemaksaan,” katanya.

Menurut Silvanus, teknis pelaksanaan imunisasi Covid-19 bagi anak merujuk pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik. ”Jika masih ada vaksin Moderna yang tidak kedaluwarsa dan mempertimbangkan sisa dosis agar tidak terbuang percuma. Maka vaksin tersebut dapat bermanfaat untuk suntikan ketiga atau penguat bagi masyarakat umum yang mau dan lolos skrining,” ujarnya.

Dia menjelaskan dinas kabupaten atau kota yang mengalami perbedaan data cakupan dapat mengirim perbedaan data tersebut. Termasuk menyampaikan stok vaksin Covid-19 dan  masa kedaluwarsa vaksin.

“Dinas kesehatan kabupaten atau kota dan fasilitas pelayanan kesehatan agar melakukan pencatatan sisa stok vaksin Covid-19. Serta logistik penunjang vaksinasi Covid-19 secara mandiri melalui aplikasi ‘SMILE”,” katanya.

Dia menambahkan apabila sudah tidak ada pergerakan dan distribusi maupun logistik penunjang vaksin Covid-19 maka dinas kesehatan kabupaten atau kota serta fasilitas pelayanan kesehatan dapat memasukkan sisa stok di aplikasi “SMILE” pada menu “Stok Opname”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini