AS-Cina Berkonfrontasi, Bagaimana Nasib Asia Tenggara?

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen mengatakan, persaingan strategis antara Amerika Serikat (AS) dan Cina kian meruncing. Ia khawatir konflik yang terjadi saat ini akan berubah menjadi konfrontasi fisik.

“Kekhawatiran dengan Cina berada pada tingkat yang tinggi. Saya belum pernah melihat hal semacam itu dalam dekade terakhir saya,” kata Dr Ng di Forum Keamanan Aspen di Washington, Amerika Serikat (AS), melansir The Straits Times, Kamis, 4 November 2021.

AS sangat menyadari tantangannya dan mengakui bahwa untuk menanggapi Cina, Paman Sam perlu menyegarkan diri secara ekonomi dan menawarkan kepemimpinan ekonomi di kawasan itu, kata Dr Ng, yang bertemu dengan beberapa pejabat pertahanan selama kunjungannya ke Washington.

Adapun pakta keamanan Aukus antara Australia, Inggris dan AS, yang telah membuat marah Cina, Dr Ng mengatakan bahwa Singapura berharap itu akan menjadi kekuatan penstabil di kawasan.

“Apakah Aukus adalah kekuatan penstabil tergantung pada apa yang dilakukan Aukus. Dan kami mendapat jaminan dari Australia, dari Amerika, bahwa itu dimaksudkan untuk menjadi kekuatan penstabil. Jadi kami tentu berharap begitu,” sambungnya.

Bagi pemerintah Cina, kata Dr Ng, masalah kedaulatan Taiwan adalah masalah mendasar yang berada di jantung legitimasi politik mereka. Ia menyebutnya sebagai masalah garis merah.

“Salah perkiraan saja bisa terjadi. Saya tidak bisa memikirkan skenario di mana ada pemenang, jika ada konfrontasi fisik yang sebenarnya atas Taiwan. Jadi saya akan menyarankan kita untuk menjauh dari hal itu,” ucapnya.e

Menhan Ng menambahkan bahwa semua pihak akan mengalami kekalahan bila konfrontasi fisik atas Taiwan benar-benar terjadi.

“Tidak hanya AS dan China. Asia Tenggara akan bergejolak, saya pikir seluruh dunia juga,” katanya.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini Beijing mengklaim bahwa Taiwain merupakan bagian dari kedaulatannya dan bertekad untuk menundukkan negara tersebut. Bahkan, Cina pernah berujar akan menggunakan kekerasan militer jika memang hal itu diperlukan.

Pada Oktober, Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa ketegangan militer dengan Cina berada pada kondisi terburuk dalam 40 tahun terakhir dan menambahkan bahwa Negeri Tirai Bambu berpotensi melakukan invasi skala penuh pada 2025.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini