Anang: Mubes Permusikan akan Digelar Setelah Pemilu 2019

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Usai secara resmi menarik usulan RUU Permusikan di Badan Legislasi (Baleg), Anggota Komisi X DPR-RI Anang Hermansyah berencana akan mengajak seluruh musisi Tanah Air untuk menggelar musyawarah besar alias mubes.

MINEWS, JAKARTA – Usai secara resmi menarik usulan RUU Permusikan di Badan Legislasi (Baleg), Anggota Komisi X DPR-RI Anang Hermansyah berencana akan mengajak seluruh musisi Tanah Air untuk menggelar musyawarah besar alias mubes.

Anang menyebut, mubes permusikan itu kemungkinan besar baru bisa dilaksanakan tak lama usai pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2019, 17 April mendatang.

“Kita beber persoalan di sektor musik dan bagaimana jalan keluarnya. Kita berembuk bersama,” ujar Anang dalam keterangan tertulisnya, Kamis 7 Maret 2019.

Mubes ini menurut Anang perlu dilakukan karena tantangan industri musik dari waktu ke waktu kian kompleks. Seluruh unsur yang berada di ekosistem permusikan perlu merumuskan peta jalan atas tantangan-tantangan tersebut.

“Konstruksi hukum di sektor musik kita 2.0, pada ini eranya sudah 4.0. di AS, 11 Oktober 2018 lalu disahkan Music Modernization Act (MMA) yang berisi regulasi hak cipta untuk rekaman audio melalui teknologi streaming digital. Bagaimana dengan kita?” kata Anang.

Musisi asal Jember ini menyebut ada lagi satu masalah lainnya, seperti persoalan pajak sektor musik yang memanfaatkan medium digital, contohnya di YouTube atau Facebook. Sampai kini, regulasi terkait hal itu belum ada.

Hal penting lainnya adalah urgensi keberadaan data besar atau big data untuk memuat seluruh direktori musik di Indonesia. Keberadaan UU Serah Simpan Karya Rekam Karya Cetak (SSKRKC) yang mengamanatkan seluruh karya rekam diserahkan ke perpustakaan nasional, menurut Anang masih menimbulkan pertanyaan.

Sebagian persoalan tersebut, harus dijawab secara bersama-sama oleh ekosistem musik dengan musyawarah dan membuka semua persoalan di atas meja besar.

Persoalan tersebut, kata Anang, pada akhirnya juga tak bisa dilepaskan dari peran negara untuk turut serta menyelesaikan bersama-sama eksistem musik di Indonesia. 

Berita Terbaru

BIN Rangkul Pemuda Jadi Wirausaha Unggul Lewat Pelatihan Hilirisasi Produk Nilam Melalui Program AMANAH

Aceh — Badan Intelijen Negara (BIN) mengajarkan pemahaman konsep usaha dan hilirisasi produk kepada para pemuda Negeri Rencong melalui...
- Advertisement -

Baca berita yang ini