AMN Sarana Ciptakan Generasi Muda Indonesia Unggul dan Berdaya Saing Tinggi

Baca Juga

Manado – Keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) diyakini mampu menciptakan sebuah lingkungan yang sangat kondusif bagi seluruh mahasiswa dari berbagai daerah di seluruh pelosok Indonesia untuk belajar, berkreasi, dan berkolaborasi sebagai langkah signifikan untuk mendukung penuh visi bangsa dalam menciptakan generasi muda yang unggul dan siap bersaing di level nasional hingga internasional.

Mantan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Grevo Soleman Gerung, berharap dengan adanya AMN di Manado, para mahasiswa dapat mengasah keterampilan secara maksimal dan siap bersaing di kancah nasional maupun internasional.

“Dengan adanya AMN, kami berharap para mahasiswa dapat mengasah keterampilan mereka secara maksimal dan siap bersaing di kancah nasional maupun internasional,” jelasnya.

Menurutnya, pembangunan AMN menjadi katalisator bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, khususnya bagi pihak Unsrat Manado. Proyek pemerintah tersebut dapat memperkuat peran universitas dalam mencetak lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi.

Sebelumnya, Konsultan Pembangunan AMN dari Universitas Indonesia (UI), Gumilar, mengatakan terdapat empat nilai inti atau core values dari pendidikan multikultural yang terus diberikan dalam asrama tersebut, yakni apresiasi pada multikultural, pengakuan harkat manusia dan HAM, pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia, serta pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi.

Diketahui, pembangunan AMN berdasar amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021 tentang Asrama Mahasiswa Nusantara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keberadaan AMN sangat diperlukan agar mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di tanah air dapat saling mengenal keragaman masing-masing.

“(AMN) ini memang diisi mahasiswa dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Semuanya ada di sini, di Asrama Mahasiswa Nusantara. Untuk apa? Untuk saling mengenal,” ujar Jokowi, dikutip dari Setkab.

Jokowi juga berharap para penghuni AMN dari berbagai suku, agama, serta daerah tersebut nantinya dapat rukun dan bersatu.

“Ke depan karena saling mengenal, saling tahu adat dan istiadat masing-masing, saling terbuka, kita akan rukun, bersatu, dan kompak,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Upaya Konkrit Cetak Generasi Muda Kokoh

Jakarta – Pengamat Pertahanan dan Pangan, Dina Hidayana memandang program makan siang gratis yang digagas oleh presiden dan wakil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini