AMN Manado Wadah Pemersatu Seluruh Generasi Muda Indonesia

Baca Juga

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado merupakan wadah pemersatu bagi seluruh generasi muda di Indonesia, karena di dalamnya menjadi tempat berkumpulnya seluruh pelajar tanpa memandang latar belakang sama sekali, sehingga memungkinkan bagi siapapun meski dari daerah manapun untuk bergabung dan merasakan bagaimana hidup rukun bersama dalam bingkai perbedaan.

Kehidupan secara rukun meski dari berbagai macam latar belakang dalam bingkai perbedaan tersebut menjadi sarana yang sangat baik untuk para generasi muda bangsa agar mereka bisa belajar bagaimana menjadi warga negara yang baik dan mampu menerapkan nilai toleransi tinggi.

Maka dari itu, keberadaan AMN Manado sendiri sebenarnya merupakan miniatur dan pelatihan kepada para mahasiswa tersebut agar nantinya mereka siap untuk terjun secara langsung di tengah masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang juga saling berbeda.

Salah seorang Aktivis Mahasiswa Manado, Dwi Purnama menilai bahwa dalam gemerlapnya Kota Manado yang menjadi salah satu pusat kehidupan di ujung Utara Indonesia, terdapat sebuah entitas yang mampu menjadi pencerahan bagi seluruh generasi muda bangsa ini. Pencerahan tersebut terwujud dalam AMN Manado.

Program tersebut tidak hanya sekedar menjadi wadah aktivitas bagi para mahasiswa saja, namun juga menjadi tonggak penyatuan dari berbagai macam latar belakang serta ideologi. Maka tidak heran, keberadaan Asrama Mahasiswa Nusantara menjadikan para anak muda tersebut memiliki kekuatan untuk mempersatukan seluruh masyarakat.

Meski di tengah adanya keragaman budaya, agama dan suku, namun AMN Manado mewujudkan semangat persatuan melalui berbagai macam hal seperti dialog, diskusi dan kegiatan sosial.

Hal tersebut menjadikan tumbuhnya rasa persaudaraan yang sangat kuat dari seluruh anak muda penerus generasi bangsa mendatang. Tidak luput juga, dalam program inisiasi Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) tersebut juga melangsungkan berbagai macam kegiatan lain yang sangat positif.

Beberapa dari kegiatan dalam Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu adalah seminar, lokakarya, dan aksi sosial terus menjadi ruang untuk berbagi gagasan, belajar dan bertumbuh bersama.

Seluruh kegiatan yang berlangsung di sana memang bertujuan agar apa yang dahulu menjadi cita-cita para pendiri bangsa mampu terus bersama tumbuh dalam hati sanubari para generasi muda saat ini.

Lebih lanjut, AMN Manado ternyata juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun kesadaran akan berbagai macam isu sosial dan politik yang terus relevan atau mengikuti perkembangan sehingga menjadikan para anak muda tersebut terus terbuka pikirannya dan mampu mengikuti perkembangan yang terjadi di Indonesia bahkan dunia.

Generasi muda tersebut akan mampu menjadi suara bagi mereka kaum yang tidak terdengan dan juga terus memperjuangkan keadilan, kesetaraan dan Hak Asasi Manusia (HAM). Beserta dengan semangat kritis dan proaktif, program inisiasi dari lembaga pimpinan Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan itu menjadikan para pemuda mampu berkontribusi untuk menciptakan sebuah perubahan yang sangat positif bagi masyarakat.

Senada, Wakil Ketua Kelompok Kerja (Wakapokja) Pembangunan AMN dari Badan Intelijen Negara, Idham Malik mengungkapkan bahwa tujuan utama pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara itu memang sebagai wadah untuk mempersatukan seluruh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, bahkan tidak terkecuali pula termasuk mereka yang merupakan Orang Asli Papua (OAP).

Sehingga dengan demikian, maka bukan tidak mungkin mereka semua akan dapat saling mengenal dan menghargai budaya masing-masing serta terus menjaga kerukunan dan kekompakan guna semakin memperkuat hubungan antar anak bangsa dalam bingkai NKRI.

Sementara itu, Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Essy Asiah juga menyampaikan hal yang sama, bahwa memang tujuan pembangunan AMN Manado yakni sebagai wadah untuk mempersatukan para mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, budaya serta agama yang berasal dari beragam daerah di Indonesia.

Maka dari itu, dengan bagaimana tujuan sangat mulia atas pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara di Manado itu, dukungan dari seluruh pihak menjadi sangat penting. Terlebih, keberadaan bangunan tersebut juga merupakan salah satu infrastruktur direktif Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sebagai informasi bahwa pembangunan AMN Manado sendiri terdiri dari banyak sekali fasilitas atau sarana dan prasarana yang sangat memadai serta lengkap, yakni adanya tower, gedung pertemuan, ruang serba guna, lapangan olahraga, taman, akses jalan dan area parkir.

Bukan hanya itu, namun gedung tersebut memiliki desain yang mengikuti standar teknis pembangunan negara sebagaimana dalam amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2002 tentang bangunan gedung.

Tentunya seluruh dukungan penuh dari Pemerintah RI termasuk Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut, menjadikan pembangunan AMN Manado sukses sebagaimana peruntukannya, yakni menjadi wadah pemersatu bagi seluruh genersi muda di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BIN Rangkul Pemuda Jadi Wirausaha Unggul Lewat Pelatihan Hilirisasi Produk Nilam Melalui Program AMANAH

Aceh — Badan Intelijen Negara (BIN) mengajarkan pemahaman konsep usaha dan hilirisasi produk kepada para pemuda Negeri Rencong melalui...
- Advertisement -

Baca berita yang ini