Amien Rais Biang Kerok yang Bikin PAN Gagal Gabung Koalisi Jokowi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) diketahui bukan merupakan bagian dari koalisi kemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 lalu.

Namun, ternyata PAN sebelum koalisi terbentuk, menyatakan siap bergabung di barisan Jokowi. Lalu apa yang membuat partai berlambang matahari ini akhirnya justru merapat ke koalisi Prabowo-Sandiaga?

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan, Amien Rais sebagai tokoh senior dan sentral adalah penyebab utamanya.

Ya, Amien dengan senioritasnya melakukan veto. PAN yang dipimpin Ketua Umum Zulkifli Hasan akhirnya mengalah dan bergabung di pihak yang kalah dalam pertarungan.

“Tetapi karena waktu itu kita diveto kemudian kita gabung dengan Prabowo-Sandi. Waktu itu memang, meskipun Ketua Umum Zulkifli Hasan tapi tentu kita mendengarkan tokoh sentral kita. Tokoh sentral kita, tokoh senior kita pada saat itu apa pandangan beliau dan kita betul-betul memang pandangannya berbeda dengan pandangan-pengurus yang lain,” kata Eddy dalam diskusi daring, Jumat 28 Mei 2021.

Eddy menegaskan, sebenarnya PAN tidak sama sekali memiliki DNA oposisi terhadap pemerintah. Namun pandangannya tersebut banyak ditentang di internal partai.

“Saya sampaikan dalam pertemuan itu bahwa PAN tidak memiliki DNA oposisi dan saya terus terang dihujat banyak di kalangan internal kita. Kok sekjen sangat berani mengatakan PAN tidak punya DNA oposisi, memang demikian adanya menurut saya,” ujarnya.

Meski tak tergabung dan masuk kabinet Jokowi-Ma’ruf, Eddy mengatakan PAN akan tetap mendukung pemerintah dari luar, dan terus berupaya memberi masukan yang membangun.

“Kemarin ada berita cukup santer kalau PAN akan masuk kabinet, ya kita posisi kita begini, PAN akan mendukung walau berada di luar kabinet karena pekerjaannya besar. Problemnya yang sedang kita hadapi berat. Jadi saya kira kalau kita secara kolektif bersatu menghadapi secara bersama-sama. Tapi ya tentu kalau ada yang salah wajib kita kritisi,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini