6 Negara Ini Pernah Dihujani Meteor

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Meteor merupakan benda luar angksa yang terbakar melewati atmosfer bumi. Sedangkan meteorit adalah benda luar angkasa yang menembus atmosfer bumi dan jatuh ke permukaan bumi. Tahukah kamu, ternyata di beberapa negara meteorit pernah jatuh, dimana saja? berikut lokasinya.

  1. Rusia

Tepatnya di kota Chelyaabinsk pada 15 Februari 2013, meteor itu meledek di udara. Menurut Akademi Sains Rusia beratnya sebesar 10 ton dan memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan 54.000 kph. Meteor yang jatuh ini bisa dikelompokkan ke dalam bola api atau bolide.

Akibat dari jatuhnya meteor, sejumlah bangunan runtuh dan diperkiraan ada 1.200 orang yang mengalami luka-luka akibat reruntuhan.

  1. Afrika Selatan

Kawah Vredefort berada di Afrika Selatan yang merupakan kawah tertua dan terbesar yang berada di bumi, kawah ini berukuran 300 km. Menurut ahli geokronologi Western University di Ontario mengatakan bahwa meteor yang jatuh berukuran sekitar 10 km telah menabrak wilayah tersebut dan mengakibatkan munculnya lubang 10 kali lebih dalam dari Grand Canyon. Hantaman tersebut diperkirakan terjadi sekitar 2,02 miliar tahun yang lalu.

Kawah Marokweng adalah kawah yang terbentuk dari hantaman meteor yang terjadi sekitar 145 tahun yang lalu. Kawah ini berada di tepi Gurun Kalahari yang merupakan kawah besar dan kuno di Afrika Selatan.

  1. Siberia 

Pada 1908 sebuah meteor yang yang tingginya mecapai 190 meter menabrak permukaan Siberia yang mengakibatkan kurang lebih 180 juta pohon diruntuhkan di atas area seluas 800 mil di hutan Siberia.

  1. Kanada 

Sebuah komet jatuh di Kanada yang menyebabkan adanya kawah di Sudbury, Kanada. Kawah ini salah satu kawah tertua di bumi yang berusia 1,85 miliar tahun. Kawah ini juga merupakan kawah terbesar kedua di bumi dengan diameter 150 hingga 260 meter.

  1. Australia

Acraman merupakan sebuah kawah yang dihasilkan dari jatuhnya meteor yang diperkirakan lebih dari 300 juta tahun lalu yang ditandai dengan sisa-sisa kawah meteorit dengan diameter 463 km. Kawah Acraman terbukti di mana meteorit terbelah menjadi dua yang beberapa saat sebelum jatuh keb bumi.

  1. Meksiko

Meteorit yang pernah jatuh di Meksiko ini menghabiskan dinosaurus yang menabrak bumi sekitar 65 juta tahun yang lalu. Para ilmuwan menemukan tanda-tanda ini dengan jelas di dekat kota Chixulub. Meteroit ini membentuk kawah seluas 180 meter. Ledakan ini diakibatkan oleh meteorit berdiameter 10 km yang melepaskan energi sekitar sebanyak 100 triliun ton TNT.

Reporter: Laita Nur Azahra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini