Waspada! Penyakit Mulut dan Kuku Sudah Menyerang Jawa Barat, 62 Hewan Ternak Positif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JABAR-Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) sudah mulai menyebar ke wilayah Jawa Barat.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat menemukan hewan ternak yang mengidap PMK, hasil itu didapatkan berdasarkan hasil sampel yang diambil di beberapa daerah.

Pengambilan sampel itu dilakukan pada 7 Mei setelah mendapat laporan adanya hewan dengan dugaan PMK. Langkah ini pun bagian dari respon pascatemuan hewan dengan PMK di Jawa Timur beberapa hari sebelumnya.

Kepala DKPP Jabar Moh Arifin Soedjayana mengatakan, saat ada informasi temuan hewan ternak dengan PMK di Jawa Timur, pihaknya berkoordinasi dengan dinas peternakan di kabupaten kota untuk meningkatkan kewaspadaan sekaligus melaksanakan langkah antisipasi dengan membentuk tim unit respon cepat PMK.

Beberapa sampel hewan ternak yang diperiksa di antaranya di Kabupaten Garut, Tasikmalaya dan Kota Banjar. “Sejumlah sampel terkonfirmasi 100 persen positif PMK,” ujar dia, Kamis 12 Mei 2022.

Rinciannya, di Garut terdapat 25 ekor sapi potong, 3 ekor sapi perah dan 5 ekor domba yang positif memiliki PMK. Tasikmalaya 18 sampel sapi dinyatakan positif PMK dan 11 ekor sapi di Kota Banjar. Total ada 62 hewan ternak positif penyakit mulut dan kuku ditemukan di Jabar.

Berdasarkan temuan itu, dikeluarkanlah surat edaran mewaspadai penyebaran PMK, diperkuat dengan surat edaran Gubernur Jawa Barat untuk Bupati Wali Kota, termasuk Strategi dan rencana penutupan jalur pengeluaran ternak dan pasar ternak. Serta, penutupan pemasukan media pembawa dan melakukan pengawasan lalu lintas ternak terutama di dua check point Losari dan Banjar.

Upaya lainnya adalah aktif melakukan penelusuran dan pencegahan di sejumlah titik sekaligus memperkuat informasi dan sosialisasi terkait PMK hingga vaksinasi dan pengobatan suportif, biosecurity dan dekontaminasi.

Arifin berharap masyarakat tetap tenang dengan temuan tersebut. PMK bukan Penyakit Zoonosis, artinya, tidak bisa menular dari hewan ke manusia. Daging hewan ternak dengan PMK masih bisa dikonsumsi selama dimasak dengan benar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini