Sukabumi Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,2

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Wilayah Kabupaten Sukabumi hari ini, Sabtu 30 Juni diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 4,2.

BMKG menyebutkan, episenter gempa bumi tektonik yang terjadi pukul 05:56:42 itu terletak pada koordinat 7.55 LS dan 106.69 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 64 Kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 30 Kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, diduga akibat aktivitas Sesar Cipamingkis yang menerus ke laut,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hendro Nugroho kepada wartawan.

Adapun dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat terasa di wilayah di Ujung Genteng, Cipamingkis, Jampang, Cikaso dan Cidolok dengan kekuatan III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ujarnya.

Namun, sampai dengan saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan terdampak gempa.

Pihaknya tetap mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini