PSBB Belum Berakhir, Anies Baswedan: Yang Bilang Mal Buka 5 Juni Itu Imajinasi!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Rencana mal di Jakarta akan buka kembali pada 5 Juni 2020, langsung direspon oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dirinya mengatakan belum ada keputusan untuk mengizinkan pusat perbelanjaan kembali buka pada 5 Juni setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga selesai.

“Jadi, jika ada yang mengatakan mal akan dibuka tanggal 5 itu imajinasi itu fiksi karena belum ada aturan yang mengatakan PSBB diakhiri,” ujar Anies dalam keterangan resmi Pemprov DKI, Selasa 25 Mei 2020.

Menurutnya saat ini Pemerintah DKI saat ini masih menyusun kajian untuk memutuskan PSBB tahap tiga yang sedang diterapkan sekarang hingga 4 Juni 2020, apakah akan diakhiri atau diperpanjang. Sebelum ada keputusan PSBB diakhiri kata dia, mal belum dibolehkan untuk kembali dibuka.

Anies menyatakan bahwa PSBB sekarang merupakan fase yang menentukan dalam menerapkan PSBB selanjutnya atau tidak. Dia meminta warga untuk tetap mematuhi PSBB agar kebijakan pembatasan tersebut bisa diakhiri.

“PSBB masih berlaku artinya, tempat yang tidak masuk dalam sektor yang diizinkan jangan memulai beroperasi,” ujarnya.

Saat ini berdasarkan data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau APPBI DKI sebanyak 64 mal di Jakarta sudah bersiap untuk buka kembali usai penerapan PSBB tahap tiga pada 5 Juni.

“Data mal anggota APPBI DPD DKI Jakarta yang akan buka kembali (new normal). Berdasarkan PERGUB No. 489 Tahun 2020,” kata Ketua APPBI Ellen Hidayat kemarin.

Sebelumnya Ellen mengatakan siap membuka kembali mal diiringi dengan berbagai ketentuan penerapan protokol kesehatan. Seperti mewajibkan menggunakan masker, melakukan pemeriksaan suhu, menerapkan physical distancing hingga menyedikan tempat cuci tangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hari Buruh Internasional, SBSI DIY Serukan Perjuangan Kesejahteraan

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Korwil DIY, Dani Eko Wiyono menyerukan agar segera terwujudnya kesejahteraan buruh baik formal maupun non formal.
- Advertisement -

Baca berita yang ini