KSTP Kembali Berulah, Satu Prajurit TNI Tewas Saat Bentrok di Yahukimo

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Bentrokan antara TNI dan Kelompok Separatis Teror Papua (KSTP) kembali terjadi di Kabupaten Yahukimo, Papua. Dua prajurit TNI jadi korban dan telah dievakuasi. Satu anggota TNI tewas dalam bentrokan tersebut, yakni Sertu Ari Baskoro. 

Kepala Penerangan Kodam Cenderawasih, Letnan Kolonel Reza Nur Patria menjelaskan kronologis penembakan terhadap prajurit TNI anggota Satuan BKO Aparat Teritorial (Apter) Koramil di Distrik Suru-Suru, Yahukimo, Papua, Sabtu, 20 November 2021.

Menurut Reza, penembakan terjadi saat beberapa anggota Satuan BKO Apter Koramil Persiapan Suru-Suru berangkat dari Koramil untuk belanja kebutuhan sehari-hari di kios terdekat. Mereka dilaporkan menggunakan speedboad.

“Dalam perjalanan tersebut, tiba-tiba ditembak oleh KSTP dari arah seberang sungai yang mengakibatkan satu anggota meninggal dan satu anggota luka-luka,” kata Reza dalam keterangan tertulis, Minggu 21 November 2021.

Reza menyebut penembakan dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata. Sebelumnya dilaporkan bahwa anggota TNI yang meninggal akibat luka tembak ialah Sertu Ari Baskoro. Sedangkan satu prajurit lain yang terluka, diketahui adalah Komandan Rayon Militer (Danramil) Suru-suru Kapten Inf Arviandi

Reza mengatakan pada pukul 18.00 WIT, kedua korban telah dievakuasi dengan menggunakan helikopter ke RSUD Dekai. Minggu ini mereka akan dievakuasi menuju Jayapura untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

Reza mengatakan Keberadaan Satuan BKO Apter Kodim Koramil Persiapan di wilayah Papua adalah untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah. Kodim ini juga menjadi solusi bagi minimnya jumlah Kodim dan Koramil yang masih ada di sana.

“Selain itu tugas dari satuan BKO Apter adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Papua,” kata Reza.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini