Jumlah Wisatawan di Bantul Merosot saat Awal Ramadan, hanya 5.000-an Pengunjung di Waktu Weekend

Baca Juga

Mata indonesia, Bantul – Kunjungan wisatawan ke Bantul mengalami penurunan pada awal bulan Puasa, menurut Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul. Markus Purnomo Adi, Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul, menyatakan bahwa penurunan ini terutama terlihat pada awal Ramadan 2024.

Jumlah pengunjung pada Senin 11 Maret 2024 turun tajam dari 14.267 pengunjung pada Minggu sebelumnya menjadi 5.654 pengunjung. Penurunan yang signifikan terjadi pada hari Selasa 12 Maret 2024, dengan hanya 1.278 pengunjung. Meski begitu, menurut Markus Purnomo yang akrab disapa Ipung ini, kondisi tersebut biasa mereka alami.

“Jadi ini adalah fenomena yang biasa terjadi selama bulan Ramadan, tidak hanya di Bantul tetapi juga di wilayah lain di Indonesia,” terang dia Senin, 18 Maret 2024.

Ipung menjelaskan bahwa jumlah pengunjung saat bulan Puasa biasanya berkisar antara 800 hingga 1.000 orang pada hari biasa, sementara pada akhir pekan bisa mencapai 1.500 hingga 3.000 orang.

Dia menegaskan bahwa pelaku pariwisata telah mengantisipasi hal ini. Sementara itu, Dardi Nugroho, pemilik warung makan seafood di Pantai Depok, mengamati penurunan kunjungan wisatawan pada awal puasa.

“Bicara soal kembalinya jumlah kunjungan, kira-kira akan terjadi pada pekan kedua Ramadan,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini