Jelang Lebaran, Samapta Polresta Sleman Cek Ketersedian Stok BBM di SPBU

Baca Juga

Mata Indonesia, Sleman – Guna memastikan ketersediaan stok BBM menjelang Idul Fitri 1445 H tercukupi dan mengantisipasi terjadinya penimbunan BBM, personel Samapta Polresta Sleman melakukan pengecekan di sejumlah SPBU di wilayah Sleman.

Selain itu kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya aksi tindak kejahatan di SPBU dan sekitarnya agar masyarakat merasa aman dan nyaman.

Kasi Humas Polresta Sleman Iptu Lindawati Wulandari mengatakan, “Kapolresta Sleman memerintahkan kepada personel Polresta Sleman maupun Polsek jajaran untuk mengecek ketersediaan stok BBM di setiap SPBU,” katanya.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan maupun penyalahgunaan pendistribusian BBM,” jelasnya

Dari hasil pengecekan ini, petugas tidak menemukan adanya penyimpangan yang dilakukan SPBU dalam penjualan BBM. 

“Secara umum stok BBM masih aman dan antrean di SPBU masih normal seperti biasa, namun demikian kami tetap akan melakukan pemantauan terhadap aktivitas di SPBU,” ungkapnya

Menurutnya selain mengecek SPBU, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya antrean panjang saat melakukan pengisian bahan bakar menjelang hari Raya Idul Fitri yang sebentar lagi akan datang.

Lebih lanjut Iptu Lindawati Wulandari mengimbau kepada pengusaha SPBU agar tidak mengutak-atik takaran di mesin pompa BBM, serta menjamin bahan bakar tidak tercampur air maupun kontaminasi lainnya.

“Pengawasan ini tidak hanya terbatas dilakukan selama hari ini saja dan akan dilakukan secara rutin. Jika ditemukan pelanggaran kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, sebagaimana hukum yang berlaku seperti penyegelan dan proses pidana jika ditemukan SPBU mencurangi meteran,” tegasnya.

Sembari melakukan pengecekan dan pengawasan, personel Samapta Polresta Sleman juga mengimbau karyawan SPBU agar selalu waspada terhadap peredaran uang palsu karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, sasaran komplotan pengedar uang palsu salah satunya di SPBU. Maka masyarakat diminta lebih teliti jika menerima uang dari seseorang.

“Apabila menemukan peredaran uang palsu dan mendapati orang atau benda yang mencurigakan agar segera melaporkan ke Polres Sleman melalui call center 110,” pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini