Deretan Pesepak Bola Muslim yang Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2024

Baca Juga

Mata Indonesia – Ramadan 1445 H telah tiba. Serangkaian aktivitas selama satu bulan penuh bagi umat muslim dunia tengah dilakukan, termasuk berpuasa. Tidak hanya masyarakat umum. Hal ini tak terkecuali seorang atlet, seperti para bintang di industri sepak bola dunia.

Lalu bagaimana cara pesepak bola tetap mendapatkan kebugaran fisik di tengah menjalankan ibadah puasa? Pasalnya kompetisi banyak liga di Eropa kerap menjalani jadwal pertandingan di tengah puasa.

Paul Pogba saat membela Manchester United sempat menyatakan adalah faktor pembiasaan diri saat dirinya berpuasa pada saat menjalani aktivitas pertandingan di Liga. Bantuan ahli gizi juga diperlukan agar pesepak bola tahu asupan (termasuk protein) yang dimakan, serta pemilihan aktivitas latihan fisik.

“Saya akan mengatakan sekarang saya mulai terbiasa. Saya beruntung. [Di Inggris] tidak terlalu panas, jadi saya bisa mengatasinya. Ini tidak terlalu sulit, Anda tahu. Tidak apa-apa dan itu untuk tujuan yang baik, jadi itu bagus,” kata Pogba yang kini membela Juventus.

Daftar peseka bola muslim yang menjalani puasa di bulan Ramadan tahun 2024:

1. Mohamed Salah

Pemain asal mesir yang bermain bersama di grup Liverpool liga Inggris ialah salah satu pemain muslim yang ikut menjalani puasa.

2. Ousmane Dembele

Ousmane yang membela tim PSG ini memang kerap dikenal sebagai muslim yang rajin. Bahkan gestur tubuhnya ketika akan bertanding selalu mengangkat kedua tangan untuk berdoa.

3. Antonio Rudiger

Pemain berusia 30 tahun asal Jerman ini merupakan seorang muslim. Ia menempati posisi bermain sebagai bek di Real Madrid.

4. Sadio Mane

Sadio Mane juga salah satu pesepak bola beragama Islam yang dikenal taat. Ketika perayaan juara Liverpool di Piala Liga Inggris, disebut ia enggan minuman beralkohol. Sadio kini bermain di Arab Saudi bersama Al Nassr.

5. Achraf Hakimi

Hakimi juga pesepak bola yang beragama islam meski lahir di Spanyol. Diketahui ia memiliki keturunan Maroko. Ia dikenal dengan taat beribadah hingga menjalani ibadah puasa meski bermain sepakbola. Hal itu dilakukannya semenjak ia membela Real Madrid, Borussia Dortmund, Inter Milan, dan kini membela PSG.

6.  N’Golo Kante

Mantan gelandang tengah Chelsea Kante dikabarkan pernah berpuasa secara diam-diam di Caen di tengah musim panas, menurut sebuah episode Oh My Goal’s Soccer Stories. Hal yang diceritakan oleh rekan setimnya kala itu, Jerome Rothen. Kante yang kini berlabuh di klub Liga Profesional Saudi Al-Ittihad meminta rekannya itu tidak membocorkan aktivitas puasanya, meski cuaca kala itu sangat panas.

7. Noussair Mazraoui

Noussair Mazraoui adalah bintang sepak bola asal Maroko. Sebagai seorang muslim mantan skuat Ajax ini mengaku tetap menjalani puasa saat Ramadan. 

“Tidak apa-apa, tetapi terkadang juga sangat melelahkan,” kata pemain belakang Bayern Munich itu, dilansir dari Planet Fotball, Selasa (12/3/2024). Menurut dia tubuh manusia akan mampu mencapai tujuan tertentu selama memiliki kemampuan. “[Puasa] . Itu tidak memengaruhi performa saya – terkadang, saya bahkan tampil lebih baik selama Ramadan karena ini adalah bulan suci.”

8. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez adalah bintang klub Al-Ahli asal Aljazair yang juga menjalani ibadah puasa Ramadan. Mantan pemain Manchester City dan bahkan pernah membawa Leicester City, klub medioker, meraih juara Premier League itu menjalani ibadah Ramadan selama satu bulan ke depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini