11 Orang Meninggal Saat Gelar Ritual di Pesisir Pantai Payangan Jember

Baca Juga

MATA INDONESIA, JEMBER– Sebanyak 11 orang ditemukan meninggal dunia dunia setelah terseret arus laut di Pesisir pantai Payangan Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu 13 Februari 2022 dini hari.

Selain itu, 13 orang korban ditemukan selamat. Mereka sebelum kejadian sedang menggelar ritual di pesisir Pantai Payangan.

Komandan Tim (Dantim) Basarnas Jember Jatmika, menjelaskan, 11 korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di sekitar perairan Pantai Payangan, dalam kondisi mengambang atau berada di pesisir pantai.

“Sedangkan 13 korban yang ditemukan selama di bawa ke puskesmas terdekat,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya rombongan berangkat menuju Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu pada Sabtu 12 Februari 2022 malam.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Gatot Repli Handoko menduga 24 orang berasal dari Padepokan ritual untuk kesaktian.

Kepala Kepolisian Resor Jember AKBP Hery Purnomo menjelaskan, rombongan kelompok Padepokan Tunggal Jati Nusantara yang dipimpin orang bernama Hasan berangkat dari Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, menuju Pantai Payangan, pada Sabtu malam, 12 Februari 2022.

Mereka menggunakan minibus mini Elf dengan nomor polisi DK-7526-VF. Kemudian sekira pukul 23.00 WIB, ke-24 orang tiba di Pantai Payangan.

Pada pukul 00.00 WIB, mereka melakukan ritual di tepi Pantai Payangan. Sebelumnya, mereka sudah diingatkan oleh Pengelola Bukit Seroja, Saladin, untuk tidak ke laut dikarenakan ombak besar.

Namun rombongan itu tidak mengindahkan larangan dan tetap ke tepi pantai guna melaksanakan ritual. Setengah jam kemudian ke-23 orang terseret arus air laut pantai Payangan yang datang secara tiba-tiba.

Pada pukul 01.00 WIB, personel Polsek Ambulu, Babinsa Sumberejo, perangkat desa, dan tim SAR mengevakuasi korban yang selamat ke Puskesmas Ambulu. Sedangkan tim gabungan kemudian melanjutkan pencarian korban yang hilang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini