Wajib Tahu! Ini Lho Fakta dan Sejarah Paskibraka

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masih dalam suasana hari kemerdekaan, tak ada salahnya untuk mencari tahu hal-hal berbau tradisi yang dilakukan pada 17 Agustus. Ada banyak hal identik dilakukan di hari kemerdekaan Indonesia, mulai dari upacara, hingga berlomba.

Salah satunya yang menjadi ajang di hari kemerdekaan ialah paskibra atau pasukan pengibar bendera. Biasanya, setiap sekolah mulai menyeleksi para siswa berpestrasi untuk menjadi pasukan pengibar bendera di Istana Negara.

Lantas, seperti apa sih fakta dan sejarah dari paskibraka?

Lisa dan Elmayana Sabrenia membahas tentang sejarah dari paskibraka. Mereka mengatakan, paskibraka dibentuk pertama kali pada tahun 1946.

“Paskibraka dibentuk atas perintah Presiden Soekarno kepada Mayor M. Husein Mutahar. Beliau merupakan ajudan dari presiden Soekarno,” kata Renia.

Dari situ, Husein Mutahar menunjuk lima orang pemuda perwakilan dari Yogyakarta. Faktanya, penunjukan lima orang untuk paskibraka pertama berlandaskan jumlah Pancasila.

“Karena lima sila dari dasar negara, jadi dipilihlah lima pemuda ini,” ungkap Renia.

Kemudian, di tahun 1967, Presiden kedua RI, Soeharto kembali meminta Husein Mutahar untuk mencari pemuda sebagi pengibar bendera merah putih. Namun, pemilihin dibagi menjadi tiga regu, yakni kelompok 17, 8 dan 45.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Perjuangan Rakyat Gelar Aksi Demo Peringati Hari Buruh di Kota Kupang

Minews.id, Kupang - Dalam rangka memperingati hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei 2024, Aliansi Perjuangan Rakyat (Aparat)...
- Advertisement -

Baca berita yang ini