Usai Terpapar Covid-19? Ini Waktu yang Tepat untuk Vaksin Booster

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meluasnya penyebaran Covid-19 membuat kasus positif sempat meningkat di tanah air. Terlebih varian baru omicron yang membuat penyebaran semakin cepat.

Alhasil, pemerintah pun menggencarkan masyarakat untuk segera melakukan vaksin booster dosis ketiga. Tapi, bagaimana jika dengan pasien yang baru saja pulih dari Covid-19? Kapan waktu yang tepat melakukan vaksin booster?

  1. Jeda Waktu 1-3 Bulan

Waktu yang tepat untuk melakukan vaksin booster setelah terpapar Covid-19 ialah diberi jeda 1-3 bulan.

Kementerian Kesehatan mengatakan, pada kondisi Covid-19 asimtomatik, ringan, dan sedang, bisa divaksin minimal satu bulan setelah terkonfirmasi positif.

Sedangkan pada kondisi Covid-19 dengan gejala berat, vaksin booster dapat diberikan minimal tiga bulan setelah terkonfirmasi positif.

2. Penuhi Syarat-syarat Lengkap

Selanjutnya, untuk orang yang sudah vaksinasi lengkap atau sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis 1 dan 2, bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dengan ketentuan sudah 6 bulan setelah vaksin dosis kedua. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat panduan di aplikasi PeduliLindungi.

3. Dilakukan Secara Homolog atau Heterolog

Terakhir, vaksinasi COVID-19 dosis booster dapat dilakukan secara homolog atau heterolog. Vaksin yang diberikan adalah regimen vaksin COVID-19 yang tersedia di lapangan dan yang sudah mendapatkan EUA dari BPOM serta sesuai dengan rekomendasi dari ITAGI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini