Tips Membuat Dapur Minimalis yang Sempurna

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam hal dekorasi rumah, terkadang kekurangan bisa menjadi kelebihan. Itulah prinsip yang ada dalam tren desain minimalis. Berfokus pada peningkatan gaya hidup melalui penyederhanaan, minimalis bukan hanya filosofi hidup, tapi juga bisa diaplikasikan tema dekorasi yang populer.

Dapur adalah ruangan yang benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari jenis desain sederhana ini karena cenderung cepat berantakan. Dengan menerapkan beberapa strateginya, mungkin kalian akan menemukan bahwa dapur kalian tidak hanya lebih menarik secara visual, tetapi juga lebih mudah digunakan. Yuk simak tips-tips membuat dapur minimalis yang sempurna di bawah ini.

Singkirkan barang-barang tidak berguna

Langkah pertama menuju dapur sederhana adalah menyingkirkan barang yang tidak berguna. Pertama, lihat peralatan kecil, mangkuk buah, dan teko dekoratif lainnya yang ada di dapur dan lihat mana yang dapat disimpan.

Kunci dekorasi minimalis adalah menciptakan ruang kosong sebanyak mungkin, jadi manfaatkan penyimpanan yang ada di balik pintu tertutup. Jika tidak memiliki banyak ruang penyimpanan, kalian mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuang beberapa barang dapur yang tidak kalian sering gunakan.

Pikirkan kembali Skema Warna

Jika benar-benar ingin mendesain dapur minimalis, ambillah cat dan bersiaplah untuk memikirkan kembali skema warna Anda. Palet warna solid, sebaiknya dengan nada netral sangat penting untuk tema dekorasi ini. Selain itu, strategi ini tidak hanya membuat ruangan terlihat lebih simpel. Dengan menggunakan warna-warna yang serumpun dengan kontras minimal, dapat membuat area tampak lebih luas dari yang sebenarnya.

Mengganti Keran

Dapur dan interior minimalis dikenal ramping dan sederhana. Jadi, wastafel adalah tempat yang tepat untuk mulai mengerjakan tema minimalis. Ganti keran kalian saat ini dengan opsi krom ramping yang akan memberikan nuansa modern pada dapur.

Mengganti pegangan kabinet

Sederhanakan dapur Anda dengan mengganti pintu kabinet dan kalian saat ini dengan pintu polos berwarna solid tanpa kenop. Jika kalian tidak ingin pintunya benar-benar polos, kalian dapat memilih pegangan panjang sederhana daripada kenop bundar yang lebih tradisional.

Simpan Semua Barang di Tempat yang Tepat

Untuk menciptakan dapur yang lebih bersih, penting untuk menempatkan setiap barang di dapur pada tempat yang tepat. Mulailah dengan merelokasi apa pun yang bukan pada tempatnya. Dapur biasanya  dengan cepat menjadi area pengumpulan semua jenis barang yang berasal dari tempat lain. Temukan tempat baru yang layak untuk setiap barang yang seharusnya tidak ada di dapur. Bahkan barang-barang seperti radio dan televisi di dapur mungkin lebih baik dipindahkan.

Untuk menjaga dapur agar tidak berantakan, tentukan laci untuk peralatan makan dan peralatan masak. Simpan piring, wadah, dan peralatan kecil di lemari kabinet , serta peralatan yang lebih besar dan jarang digunakan di lemari atau rak.

Sembunyikan Peralatan Dapur

Sebagian besar meja dapur mungkin dipenuhi oleh barang-barang yang digunakan sehari-hari seperti pemanggang roti, pembuat kopi, rak bumbu, dll. Meskipun disimpan untuk kemudahan, pada kenyataannya, barang-barang dan peralatan ini jadi berantakan karena tidak terlalu sering digunakan.

Jangan biarkan peralatan ini menghabiskan ruang penyimpanan dan mengakibatkan area dapur jadi lebih berantakan. Cari tempat baru yang mudah dijangkau untuk barang-barang ini,  seperti lemari atau rak besi. Alih-alih melihat konter sebagai tempat yang nyaman untuk berbagai hal, ubah mentalitas kalian dan jaga agar konter tetap bersih.

Singkirkan Barang yang Berlebihan

Katakan tidak untuk semua tambahan barang di dapur, hanya simpan barang-barang yang kalian gunakan dan butuhkan . Seperti kebanyakan orang, mungkin kalian memiliki lusinan pisau di laci dan di atas meja. Meskipun Anda memiliki banyak pilihan, kemungkinan besar kalian hanya menggunakan pisau yang sama terus-menerus.

Belilah pisau koki berkualitas tinggi, pisau pengupas, dan pisau roti — pisau ini menjadi pisau yang Anda butuhkan untuk menyiapkan makanan. Kemudian, buang jenis pisau yang lain yang tidak Anda gunakan.Lihat peralatan makan Anda. Berapa banyak yang sebenarnya kalian gunakan? minimalkan peralatan makan dan piring sehari-hari.

Sebagian besar dari kita memiliki lebih banyak piring, gelas, dan cangkir daripada yang diperlukan, itulah yang membuat lemari kita berantakan. Perhitungkan berapa banyak peralatan makan yang butuhkan untuk keluarga kalian.

Itulah tips-tips untuk memiliki dapur minimalis yang sempurna. Kalian bisa beli rak dapur untuk menaruh peralatan-peralatan dapur agar lebih rapi. Wujudkan dapur minimalis impian kalian bersama Ruparupa!

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini