Telapak Tangan Berkeringat, Tanda Penyakit Jantung?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Telapak tangan berkeringat tentu pernah dialami oleh siapa pun dan kapan pun. Benarkah kondisi ini merupakan salah satu tanda penyakit jantung?

Telapak tangan berkeringat adalah salah satu tanda primary focal hyperhidrosis, yaitu kondisi dimana tubuh mengeluarkan keringat berlebih hanya pada bagian tertentu, seperti ketiak, telapak kaki atau telapak tangan.

Kondisi ini membuat kelenjar keringat menghasilkan cairan secara berlebih meskipun seseorang tidak sedang melakukan aktivitas atau bahkan dalam kondisi cuaca yang panas.

Tangan berkeringat memang salah satu tanda penyakit jantung, tapi tidak semuanya seperti ini. Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu produksi keringat secara berlebihan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Faktor Psikis
    Keringat keluar secara berlebih dapat terjadi salah satunya karena faktor psikis yang menyebabkan sistem saraf bekerja secara berlebihan pula. Faktor psikis juga dapat menimbulkan gejala lain seperti kehilangan konsentrasi, gelisah, cemas, jantung berdegup lebih cepat frekuensi buang air menjadi lebih sering dari biasanya.
  2. Kondisi emosional
    Saat orang sedang merasa emosional, keringat juga dapat keluar secara berlebih. Kondisi ini menyebabkan kelenjar keringat terstimulasi oleh sistem saraf manusia. Biasanya kondisi ini dapat mereda atau hilang jika penyebabnya segera diatasi.
  3. Keturunan
    Faktor keturunan juga dapat memicu keluarnya keringat secara berlebih di telapak tangan. Kondisi ini pada umumnya terjadi apabila aktifnya kelenjar keringat ekrin. Ekrin adalah kelenjar keringat yang memiliki jumlah paling banyak dalam tubuh. Kelenjar keringat ekrin bisa aktif sebagai aktiftas saraf.

Telapak tangan berkeringat bisa dikurangi dengan tips-tips berikut, yaitu:

  1. Hindari pemicu produksi berlebih pada kelenjar keringat. Contohnya seperti makanan pedas, kafein atau berada di lingkungan yang memiliki suhu panas.
  2. Relaksasi saat merasa sedang stress. Anda dapat melakukan beberapa teknik relaksasi seperti teknik mengelola nafas, meditasi, mendengarkan lagu hingga menonton film-film favorit.
  3. Jika hal-hal diatas belum mampu mengurangi keringat pada telapak tangan, segera konsultasikan ke dokter. Bisa jadi itu merupakan pertanda suatu penyakit serius berada di tubuhmu.

Reporter: Shafira Annisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BEM Nusantara DIY Gelar Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional

Mata Indonesia, Yogyakarta - BEM Nusantara DIY melakukan aksi peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Titik Nol Yogyakarta pada Rabu, 1 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini