Pengisi Suara Nobita ‘Doraemon’ Meninggal Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Aktris Jepang, Yoshiko Ohta, yang merupakan pengisi suara karakter Nobita di kartun ‘Doraemon’ meninggal dunia di usia 89 tahun.

Kabar meninggalnya Yoshiko dikonfirmasi agensinya, Theatre Echo pada Senin 8 November 2021. Yoshiko meninggal dunia karena gagal jantung di sebuah rumah sakit di prefektur Kanagawa pada 29 Oktober.

Yoshiko, yang menikah dengan aktor Jepang Osamu Saka, bergabung dengan Theater Echo pada tahun 1963 dan melakukan sulih suara untuk banyak kartun dan anime klasik dari tahun 60-an hingga 90-an.

Bakat Yoshiko di bidang alih suara sangat luar biasa. Dia bisa menjadi suara pria dan wanita, dan sering memainkan protagonis remaja.

Pada tahun 1973, ia menjadi pengisi suara Nobita Nobi alias Da Xiong dalam adaptasi animasi pertama Doraemon, yang hanya ditayangkan di TV Jepang selama setengah tahun dan tidak pernah disiarkan ulang.

Peran sulih suara lainnya yang pernah dilakukan Yoshiko termasuk ‘Sapphire di Princess Knight’, ‘Leo in Kimba the White Lion’, serta karakter di ‘Ranma 1/2’ dan ‘Inuyasha’.

Selain itu, dia melakukan dubbing Jepang untuk beberapa film Disney seperti Peter Pan, Bambi, Dumbo, dan The Fox and the Hound.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini